KMD IAIN Pekalongan Ke XI diikuti Mahasiswa Thailand

11 October 2021

Pekalongan (11/10) – Gerakan Pramuka IAIN Pekalongan bekerjasama dengan PUSDIKLAT Kwarcab Kab. Pekalongan sukses menggelar Kursus Mahir Dasar (KMD) ke XI yang bertempat di kampus 2 IAIN Pekalongan, Rabu-Minggu (6-10 Oktober 2021).

Kegiatan yang dilaksanakan secara daring dan luring ini diikuti oleh 157 peserta dari berbagai daerah, baik Pekalongan sendiri maupun luar pulau bahkan ada yang dari luar Indonesia. Kegiatan ini diawali dengan pelaksanaan Technical Meeting (TM) pada hari Jum’at, 1 Oktober 2021 bertempat di Sanggar Bakti Pramuka Kwarcab Kab. Pekalongan secara online. Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar yang dilaksanakan setiap 1 tahun sekali menjadi momentum yang paling ditunggu-tunggu, karena kegiatan ini dibuka dan ditutup secara langsung oleh Kak Dr. H. Muhlisin, M. Ag selaku Kaharmabigus Gerakan Pramuka IAIN Pekalongan

Kursus Mahir Dasar bertujuan untuk membentuk pembina yang profesional dimasing-masing golongan. Para peserta KMD diberikan bekal berupa materi dinamika kelompok, kebijakan gerakan pramuka, UU Gerakan Pramuka, AD ART gerakan pramuka, sejarah gerakan pramuka, moto dan kiasan dasar, PDKMK, seragam pramuka & tanda pengenal, SKU, SKK SPG, jiwa peran fungsi dan tugas pembina, membina pramuka dengan sistim among, memahami jiwa peserta didik, program kegiatan peserta didik, menciptakan kegiatan menarik, dewan satuan, metode membina, mengelola administrasi Gugusdepan/Satuan, praktik upacara dalam satuan, praktik ketrampilan kepramukaan, permainan di alam terbuka, praktik membina satuan, dan berkemah.

Setelah melaksanakan kegiatan Kurus Mahir Dasar selama 5 hari,  di hari terakhir dalam acara open forum Kak Hamas Manto Has selaku Ka PUSDIKLAT Kwarcab Kab. Pekalongan menjelaskan penugasan RTL berupa pembuatan narakarya lanjutan yang menjadi tugas akhir. Ada hal yang menarik dalam acara open forum via Zoom Meeting kali ini. Kegiatan open forum dilaksanakan guna menjalin keakraban diantara pelatih dan peserta. Kak Jauhar Ali, M. Pd. I selaku pimpinan kursus menyapa dua peserta yang berasal dari Thailand yang bernama Salmee Sa-I dan Nurhafeesa Lae-Wae. Mereka merupakan mahasiswa Universitas Wahid Hasyim Semarang. Uniknya, pada kegiatan KMD XI ini mereka mengikuti secara daring langsung dari rumahnya di Thailand.

Keduanya mengungkapkan rasa senang bisa mengikuti kegiatan KMD di Indonesia sehingga banyak ilmu dan pengalaman yang mereka dapat. Perbedaan bahasa nyatanya tidak menjadi halangan dan mengurangi rasa semangat untuk menimba ilmu bagi kak Feeza dan kak Salmee dalam mengikuti kegiatan KMD. “Memang ada kesulitan bagi saya karena ada berbeda bahasa di setiap negara.  Tapi saya akan belajar bagaimana saya bisa menerapkannya dengan ilmu yang saya dapat dan pastinya relasi yang saya punya dengan orang di Indonesia agar saya bisa menerap pembelajaran tersebut di daerah saya di Thailand”. Tutur kak Salmee.

Kegiatan KMD ke XI memiliki kesan tersendiri bagi peserta, tidak terkecuali kak Feeza. “Dalam kegiatan pramuka yang telah saya ikuti, Pramuka telah memberikan pengaruh terhadap diri saya. Saya menjadi jauh lebih percaya diri, aktif dan kreatif dalam berdinamika kelompok bersama teman-teman serta telah dibuat kagum oleh kakak pembina yang selalu sabar dan tegas dalam memerintah tugas yang diberikan”.

Pimpinan kursus yang sekaligus Pembina Pramuka IAIN Pekalongan mengungkapkan bangga pada kegiatan KMD tahun ini “Saya merasa bangga pada KMD ini,  KMD ini bisa di katakan sebagai KMD Internasional karena diikuti oleh peserta dari Thailand”. Ungkap Kak Jauhar Ali, M. Pd. I saat Open Forum.


Reporter  : Afrizul Maulana

Redaktur : Hiza Faizatussilmi Halida

           
IAIN PEKALONGAN
Kampus 1: Jl. Kusuma Bangsa No.9 Kota Pekalongan 51141
Kampus 2: Jl. Pahlawan Km.5 Rowolaku Kajen Kab. Pekalongan 51161
Telp: +62 (285) 412575
Fax : +62 (285) 423418
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…