Tingkatkan Akuntabilitas, SPI IAIN Pekalongan Sosialisasikan Regulasi Kegiatan Ormawa

28 September 2021

Dalam rangka meningkatkan akuntabilitas keuangan Negara dan sistem pelaporannya, Satuan Pengawasan Internal (SPI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan gelar Sosialisasi Regulasi Kegiatan Kemahasiswaan pada hari Senin, 27 September 2021. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Sidang Lt. 3 Gedung Rektorat dimulai pukul 08.00 WIB hingga selesai. Adapun sasaran kegiatan ini adalah para pengurus organisasi mahasiswa (ormawa) dan pembina ormawa di lingkungan IAIN Pekalongan.

Acara dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. H. Muhlisin, M.Ag. Dalam sambutannya, Dr. Muhlisin menyampaikan bahwa mahasiswa merupakan salah satu stakeholder yang mendapatkan alokasi anggaran APBN melalui DIPA IAIN Pekalongan untuk menyelenggarakan kegiatan-kegiatan non akademik berbasis keorganisasian dan penguatan kepemimpinan kemahasiswaan. Karenanya, para pengurus ormawa perlu dibekali pemahaman regulasi penyelenggaraan kegiatan kemahasiswaan beserta manajemen keuangan dan sistem pelaporannya. 

Lebih lanjut, Dr. Muhlisin menyampaikan bahwa mahasiswa diharapkan tidak hanya memiliki kemampuan tri dharma perguruan tinggi (pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat) tetapi juga memiliki jiwa leadership, kemampuan manajerial dan pengelolaan keuangan untuk mengasah talenta yang dapat memberikan dampak minat dan bakat secara berkelanjutan sebagai bekal ketika lulus nanti. Hal ini tentu dibutuhkan pendampingan sistem manajemen keuangan dan sistem pelaporan oleh pihak yang berwenang. “SPI mempunyai tugas dan wewenang untuk melakukan edukasi dan pengawasan di bidang keuangan negara agar penggunaannya dilakukan transparan dan akuntabel menuju Good University Governance”, pungkas Muhlisin.

Bertindak sebagai narasumber kegiatan sosialisasi ini adalah Kepala SPI IAIN Pekalongan, H. M. Nasrullah, M.S.I dan didampingi Sekretaris SPI, Agus Arwani, M.Ag. sekaligus sebagai moderator. Dalam paparannya, Nasrullah menyampaikan bahwa diantara tujuan dibentuknya ormawa adalah untuk menghasilkan mahasiswa yang memiliki jiwa kepemimpinan. Organisasi dapat dilaksanakan dengan baik jika berpedoman pada prinsip manajemen, yaitu Planning, Organizing, Actuating, and Controlling (POAC). Keempat prinsip ini saling berkaitan satu sama lain sebagai parameter keberhasilan manajemen organisasi, ungkap Nasrullah. 

Secara detail, Nasrullah menjabarkan prinsip manajemen keuangan negara dan sistem pelaporannya. Penggunaan keuangan negara dan pertanggungjawabannya didasarkan pada Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2020 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2021. Sedangkan acuan standar biaya kegiatan berpedoman pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 119/PMK.02/2020 tentang Standar Biaya Masukan Tahun 2021. Disamping itu, juga terdapat Keputusan Rektor IAIN Pekalongan yang mengatur tentang standar biaya internal di lingkungan IAIN Pekalongan. “Beberapa regulasi tersebut tentu harus kita dipatuhi bersama, keberhasilan SPI bukan diukur dari seberapa banyak jumlah temuan, melainkan jaminan ketercapaian program dan kegiatan yang dilakukan secara efektif, efisien dan berintegritas”, tegas Nasrullah. 

Nasrullah melanjutkan bahwa dalam rangka memaksimalkan serapan anggaran di 3 (tiga) bulan terakhir ini, diperlukan akselerasi melalui penyamaan persepsi dengan para pengurus ormawa dan pembinanya. Monitoring serapan anggaran juga mesti dilakukan agar pelaksanaan kegiatan dapat dilakukan secara efektif, sehingga diharapkan kegiatan berlangsung dengan baik dan laporan keuangannya juga dapat dipertanggungjawabkan secara akuntabel dan transparan. Upgrading kegiatan hendaknya dilakukan secara variatif sesuai kebutuhan, tidak monoton seperti tahun-tahun sebelumnya. Dengan demikian, diharapkan dapat memberikan warna baru dan value added dalam pengembangan minat dan bakat mahasiswa. Karenanya, peran pembina ormawa sangat signifikan untuk memberikan arahan kepada para pengurus ormawa dalam memilih tema-tema kegiatan yang produktif, pungkas Nasrullah.


Reporter     : Bambang Sri Hartono

Editor         : Saiful Anam

Redaktur    : Humas Bagian Umum

 

           
IAIN PEKALONGAN
Kampus 1: Jl. Kusuma Bangsa No.9 Kota Pekalongan 51141
Kampus 2: Jl. Pahlawan Km.5 Rowolaku Kajen Kab. Pekalongan 51161
Telp: +62 (285) 412575
Fax : +62 (285) 423418
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…