Matangkan PWN XV, Forum WR III PTKIN Adakan Rakor

21 September 2021

Forum Wakil Rektor III/ Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Alumi PTKIN Se-Indonesia mengadakan Rapat Koordinasi dalam rangka mempersiapkan dan mematangkan pegelaran event dua tahunan Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan, pada tanggal 14-16 September 2021 di Wyndham Opi Hotel Palembang, Sumatera Selatan.

Rapat Koordinasi Forum Wakil Rektor III/ Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Alumi PTKIN Se-Indonesia dibuka langsung oleh Rektor UIN Raden Fatah Palembang, Prof. Dr. Nyayu Khodijah, S.Ag, M.Si. Dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan menjadi agenda penting dalam memperkuat moderasi beragama dan semangat keberagaman berkehidupan bernegara. Melanjutkan sambuatnnya, rapat koordinasi ini bagian dari desain rancangan PWN-PTK yang akan dilaksanakan pada tanggal 9-14 November 2021 mendatang di Palembang.

Lebih lanjut, Rektor UIN Raden Fatah Palembang memberikan apresiasi kepada Direktorat Pendidkan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Kementerian Agama Republik Indonesia dan Wakil Rektor/ Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Alumi Se-Indonesia yang telah ikut serta dalam rapat koordinasi ini sebagai bukti komitmen bersama dalam mensukseskan agenda nasional.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Gubernur Sumatera Selatan melalui Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan, Dr. H. Rosidin Hasan, M.Pd.I mengatakan,  Provinsi Sumatera Selatan merasa bangga menjadi tuan rumah pelaksanaan Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan. Kebanggaan ini beralasan karena menyambut para santri, calon ulama, calon Gus. Mengingat Menteri Agama adalah seorang ”Gus”.

“Kebanggaan ini dikarenakan admosfer keberagaman moderasi beragama akan menyala di bumi Sriwijaya. Provinsi Sumatera Selatan menjadi poros keberagaman beragama dalam agenda nasional tersebut,” ungkap Dr. Rosidin Hasan.

Rapat Koordinasi Forum Wakil Rektor III/ Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Alumi PTKIN Se-Indonesia ini dihadiri juga oleh Ruchman Basori (Kasubdit Sarpras Kemahasiswaan Diktis). Dalam sambutannya,  Ruchman Basori menyampaikan bahwa kegiatan Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan ini membawa spirit nasionalisme, patriotisme yang berbasis pemahaman keagamaan yang moderat harus terus berkembang.  Ruchman Basori melanjutkan, angka-angka intoleransi dan ekstremisme kian hari kian mengkhawatirkan. ”Temuan survei, ada 39 % mahasiswa Indonesia terpapar paham intoleran dan mereka kerap setuju dengan cara-cara kekerasan berbasis agama untuk menyelesaikan persoalan. Padahal, The Founding Father bangsa ini telah mengamanatkan Pancasila dan NKRI sebagai sesuatu yang final. Ini harus kita pertahankan, apapun yang terjadi”, ungkap Ruchman Basori.

Itulah spirit kenapa Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN PTK) harus tetap terselenggara walau di masa pandemi Covid-19. Mestinya harus terselenggara pada tahun 2020, dan sempat tertunda beberapa kali. Namun, akhirnya kembali ditetapkan penyelenggaraannya pada 9-14 November 2021.

Semoga perhelatan Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN PTK) di Palembang ini berjalan lancar tanpa ada halangan berarti. Karena event ini penting, penuh dengan pesan dan sarat makna, Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN PTK) XV tetap harus terselenggara. Semoga Allah SWT meridhoi seluruh langkah kita. Amiin….

 

 

           
IAIN PEKALONGAN
Kampus 1: Jl. Kusuma Bangsa No.9 Kota Pekalongan 51141
Kampus 2: Jl. Pahlawan Km.5 Rowolaku Kajen Kab. Pekalongan 51161
Telp: +62 (285) 412575
Fax : +62 (285) 423418
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…