FUAD Laksanakan Workshop N-Vivo Untuk Mendorong Produktifitas Penelitian Dosen

20 September 2021

Pekalongan- Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah melaksanakan Workshop Metodologi Penelitian N-Vivo kepada Seluruh Dosen. Panitia menghadirkan pakar dan penulis buku N-Vivo yaitu Agustinus Bandur, Ph.D. dari Universitas Bina Nusantara Jakarta, (18/09/2021).

Acara dibuka oleh Dekan FUAD Dr. H. Sam’ani Sya’roni, M.Ag., pada penjelasannya Sam’ani menyampaikan “Para peserta pagi ini saya melihat sangat antusias terhadap pelatihan N-Vivo, meski dilaksanakan akhir pekan Sabtu dan Minggu seluruh dosen mengikuti kegiatan ini selama dua hari berturut-turut. Harapan saya bahwa antusiasme peserta juga diimbangi dengan capaian kegiatan workshop nvivo yaitu dengan bertambahnya karya dosen. Dosen harus lebih produktif dalam melakukan penelitian baik secara individual maupun nantinya bersama mahasiswa, dengan adanya workshop N-Vivo para dosen akan lebih dipermudah dalam mengelola datanya”

Pada hari pertama worsksop dipandu oleh moderator Patriawati Narendra, S.KM, M.K.M (Plt. Kepala UPTD Loka Bina Karya Dinas Sosial Kab.Tegal). Sesi awal Agustinus Bandur, Ph.D menyampaikan tentang ruang lingkup n-vivo di ranah publikasi ilmiah. lalu melakukan simulasi yang diikuti oleh seluruh peserta, simulasi ini dipandu langsung oleh pemateri mulai dari cara menemukan data di internet hingga sosial media dan memasukkannya melalui menu N-Capture ke dalam aplikasi n-vivo”. Hari pertama peserta sangat antusias bahkan saat ada yang tertinggal selangkah saja, langsung melakukan konfirmasi kepada pemateri dan bahkan dalam satu kali penjelasan jika ada yang belum memahami peserta akan langsung mengajukan pertanyaan.

Sebagaimana Teddy salah satu peserta saat diwawancari oleh tim publikasi menyampaikan “di Fakultas FUAD, workshop ini baru pertama kali. Kami sangat membutuhkan workshop ini, sebab di masa yang sudah digital kami membutuhkan percepatan penggunaan sistem digital. Salah satu aplikasi yang sangat kami butuhkan dalam mengolah data adalah n-vivo”  

Pada hari kedua workshop dilaksanakan pukul 09.15 WIB. dipandu oleh Farah Dzil Barr, M.Pd. sebagai moderator. Pada pembuakaannya Farah menyampaikan tema materi kelanjutan ialah validitas data baik kuantitatif maupun kualitatif. Praktikum pertama ialah tentang pengujian realibilitas data kuantitatif dan kualitatif. Praktik selanjutnya ialah memasukkan data kuantitatif dan kualitatif dari beberapa informan dalam satu koding dalam aplikasi n-vivo.

Acara selesai pukul 15.00 WIB dan ditutup oleh Dekan dengan menyampaikan “ucapan terimakasih atas kesediaan pemateri telah bersedia hadir di waktu akhir pekan begitu juga kepada peserta atas antusiasnya”. Sam’ani menambahkan rasa optimisme atas hasil riset dan karya dosen akan bertambah lebih signifikan setelah kegiatan ini pada setiap tahunnya._(FUAD)

 

           
IAIN PEKALONGAN
Kampus 1: Jl. Kusuma Bangsa No.9 Kota Pekalongan 51141
Kampus 2: Jl. Pahlawan Km.5 Rowolaku Kajen Kab. Pekalongan 51161
Telp: +62 (285) 412575
Fax : +62 (285) 423418
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…