Wakil Menteri Agama RI Tinjau Persiapan PTM di IAIN Pekalongan

09 September 2021

Pekalongan – Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI Dr. H. Zainut Tauhid Sa’adi, M.Si meninjau persiapan pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan pada Rabu (8/9/2021) pukul 14.30 WIB. Peninjauan PTM tersebut dikemas dalam bentuk Focus Group Discussion (FGD) yang digelar di Ruang Meeting Fakultas Syariah IAIN Pekalongan, Kampus Kajen. Turut hadir pada kegiatan tersebut yakni Rektor IAIN Pekalongan, jajaran Wakil Rektor, para Dekan Fakultas, para Wakil Dekan I Fakultas, Kepala Biro AUAK, dan Direktur Pascasarjana.

Rektor IAIN Pekalongan Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag., mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kunjungan Wamenag RI di IAIN Pekalongan guna memantau dan memonitoring persiapan PTM terbatas. Dalam pengantarnya, Rektor menyampaikan bahwa agenda utama FGD ini adalah untuk membahas persiapan pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas yang rencananya akan dilakukan pada semester gasal tahun akademik 2021/2022. “Sesuai arahan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag, PTM terbatas diprioritaskan bagi mahasiswa semester I dan semester III dengan alasan mahasiswa semester tersebut belum pernah kuliah secara langsung di kampus,” ungkap Rektor.

Melengkapi pengantar Rektor IAIN Pekalongan, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. Maghfur, M.Ag. dalam paparannya menyampaikan kondisi terkini Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) wilayah Kabupaten dan Kota Pekalongan yang telah turun ke level 2, maka PTM dimungkinkan untuk dilaksanakan secara terbatas. Adapun dasar hukum pelaksanaan PTM adalah Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 39 Tahun 2021 tentang PPKM di wilayah Jawa dan Bali, Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri Nomor 384 tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di masa pandemi Covid-19, serta SE Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Nomor: B-2721.1/DJ.I/PP.00.9/08/2021 tentang Penyelenggaraan Perkuliahan PTKI Tahun Akademik 2021/2022 Selama PPKM Pada Masa Pandemi Covid-19.

Lebih lanjut, Maghfur menjelaskan pelaksanaan perkuliahan pada masa pandemi Covid-19 wajib mematuhi protokol kesehatan dan mengutamakan asas keselamatan, kesehatan dan keamanan seluruh sivitas akademika IAIN Pekalongan. “Syarat pelaksanaan PTM terbatas adalah sarana dan prasarana yang digunakan harus memenuhi standar protokol kesehatan dan sebelum pelaksanaan PTM, Fakultas wajib melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada mahasiswa,” ungkap Maghfur. Karena penyelenggaraan PTM terbatas yang memerlukan persiapan dan sosialisasi, maka PTM terbatas rencana akan dilaksanakan pada akhir September atau selambat-lambatnya pada awal Oktober 2021.

Sementara itu, Wamenag RI Dr. H. Zainut Tauhid Sa’adi, M.Si., dalam FGD mengungkapkan rasa syukur dan kegembiraanya karena dapat berkunjung ke IAIN Pekalongan.  Zainut mengatakan IAIN Pekalongan yang sebentar lagi akan bertransformasi menjadi UIN Abdurrahman Wahid merupakan salah satu institusi yang dimonitoring guna mengecek kesiapan PTM terbatas. “Harus dipersiapkan segala sesuatunya, agar PTM dapat dilaksanakan dengan aman tanpa memunculkan kluster baru,” tambah Zainut. Wamenag juga menyebut salah satu syarat pelaksanaan PTM terbatas adalah vaksinasi yang merata bagi seluruh dosen dan tenaga pendidik di lingkungan kampus.

Sebagai informasi, saat ini hampir 100% dosen dan tendik IAIN Pekalongan telah divaksinasi Covid-19 yang prosesnya dilakukan secara bertahap. Vaksinasi juga telah menyasar kepada 1.200 mahasiswa IAIN Pekalongan dan ke depan akan terus bertambah. Mengenai pelaksanaan PTM terbatas, IAIN Pekalongan juga telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Rektor Nomor 1169 tahun 2021 tentang Pembelajaran Semester Gasal Tahun Akademik 2021/2022. Di antara poin dalam SE Rektor tersebut adalah jumlah mahasiswa dalam pelaksanaan PTM terbatas diikuti paling banyak 50% dari seluruh jumlah mahasiswa di kelas. Kemudian pelaksanaan PTM terbatas diberlakukan bagi mahasiswa semester I dan semester III serta bagi mahasiswa praktikum yang perkuliahannya tidak memungkinkan untuk dilaksanakan secara daring.


Penulis       : Dimas Prasetya

Editor          : Saiful Anam

Redaktur    : Humas Bagian Umum

           
IAIN PEKALONGAN
Kampus 1: Jl. Kusuma Bangsa No.9 Kota Pekalongan 51141
Kampus 2: Jl. Pahlawan Km.5 Rowolaku Kajen Kab. Pekalongan 51161
Telp: +62 (285) 412575
Fax : +62 (285) 423418
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…