Workshop Penelitian Kualitatif bagi Dosen IAIN Pekalongan

15 November 2019

Selasa, 29 Oktober 2019 IAIN Pekalongan mengadakan workshop penelitian kualitatif bagi dosen di lingkungan IAIN Pekalongan. Workshop ini merupakan bagian dari rangkaian acara Sabbatical Leave Kementerian Agama RI. Workshop penelitian kualitatif ini dilaksanakan di ruang sidang lantai 3 gedung rektorat IAIN Pekalongan pada pukul 08.30 WIB sampai 16.00 WIB dan dihadiri oleh 30 peserta dari kalangan Dosen IAIN Pekalongan baik dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Fakultas Syariah (Fasya), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) dan Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah (FUAD).

Acara ini dimoderatori oleh Dr. Ali Muhtarom, M.H.I. dan menghadirkan narasumber Prof. Dr. H. Syamsul Maarif M.Ag yang merupakan Dekan Fakultas Psikologi dan Ilmu Kesehatan UIN Walisongo Semarang. Prof. Syamsul dalam mukodimahnya menjelaskan tentang paradigma penelitian kualitatif yang banyak dilakukan para peneliti muda khususnya dosen. Prof. Syamsul mengatakan bahwa penelitian merupakan ruh dan esensi dosen, jika dosen tidak melakukan penetian, maka dapat dikatakan dosen tersebut tidak memiliki daya dan power yang kuat.

Selanjutnya Prof. Syamsul menjelaskan tentang desain riset kualitatif, diantaranya dengan menangkap isu-isu kekinian dan dalam perspektif Islamic Studies. Penelitian pada dasarnya ialah suatu kegiatan atau proses sistematis untuk memecahkan masalah yang dilakukan dengan penerapan metode ilmiah. Desain riset kualitatif bagi dosen menjadi penting karena penelitian kualitatif lebih leluasa dan jangan sampai terhegemoni dengan pemikiran sendiri tapi tidak sesuai metode penelitian. Peneliti seyogyanya mampu dan dapat mengkaitkan masalah yang terjadi di masyarakat dengan background pendidikannya. Jika seorang peneliti memiliki latar belakang pendidikan sebagai seorang murabbi, maka akan lebih baik ia mengaitkan fenomena-fenomena yang terjadi di lapangan dengan latar belakang keilmuannya tersebut, pungkasnya._(Humas Bagian Umum)

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…