Panitia Pembangunan Masjid Agung UIN K.H. Abdurrahman Wahid Gelar Khataman Al-Qur’an

19 July 2022

Pekalongan (19/07) - Panitia Pembangunan Masjid Agung UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, menggelar khataman Al Qur'an dan doa bersama di Lobi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Kampus II di Rowolaku, Kajen, Kab. Pekalongan pada Jumat (15/7) malam. Kegiatan yang digelar bersama dengan komunitas mahasiswa khafiz-khafidzah yang tergabung dalam Jamaah Khifdil Qur'an sebagai upaya batiniyah agar pembangunan masjid yang dibiayai secara swadaya tersebut dapat segera terwujud.

Pembangunan Masjid Agung UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan sendiri, merupakan program dari Ikatan Alumni (Ika) UIN K.H. Abdurrahman Wahid, Paguyuban Orang Tua Mahasiswa (Pagoma), dan didukung sivitas akademika lainnya. Itu lantaran, semenjak pindah kampus ke Kajen, IAIN Pekalongan yang kini telah betransformasi menjadi UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan membutuhkan tempat ibadah yang representatif guna mendukung sarana aktivitas keagamaan disana. Apalagi dengan jumlah mahasiswa yang setiap tahun terus bertambah.

Ketua Panitia Pembangunan Masjid Agung UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, Akhmad Djaiz menjelaskan, pembangunan masjid sendiri sesuai Rencana Anggaran Belanja (RAB) membutuhkan dana Rp 25 miliar. Untuk progress pembangunannya sudah sampai pondasi, pembuatan tiyang soko, dan pengecoran lantai dua disisi utara.  "Saat ini, masih dilakukan pemadatan tanah lantai dasar, sebelum nanti dilakukan pengecoran,” ungkap Akhmad Djaiz. “Pembacaan khataman Al Qur'an ini, sebagai ikhtiar batiniah, sementara untuk ikhtiar dohiriah salah satunya dengan pencarian infaq, guna mendukung sekaligus mempercepat pembangunan masjid dimaksud," tambah Akhmad Djaiz.

Pihaknya menjelaskan, sumber pembiayaan pembangunannya murni swadaya masyarakat. Termasuk, iuran infaq rutin dari pimpinan UIN K.H. Abdrrahman Wahid Pekalongan, para dosen, pegawai, mahasiswa, alumni, stakeholder maupun pihak-pihak lain yang tidak mengikat.  "Mudah-mudahan cita-cita besar itu dapat segera terwujud, berkat dukungan dari semua pihak," tegasnya.  Kendati belum sempurna, dirinya menargetkan Desember akhir tahun 2022, masjid sudah bisa digunakan untuk jamaah salat rawatib, meski sifatnya masih sederhana.

Berbagai upaya telah dilakukan panitia pembangunan masjid untuk dapat menggali infaq. Bahkan, kini panitia membuat program Gerakan Infaq Seribu (GIS), baik melalui kotak infaq maupun melalui Scan Barcode Qriss, dimana para munfiq dapat berinfaq melalui aplikasi pembayaran baik melalui sacanning barcode, go pay, dan aplikasi transaksi lainnya.  Infaq dapat disalurkan ke Rek BSI 4904800003 dan BRI 006801001503560, a.n. Panitia Pembangunan Masjid Agung UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Terkait khataman Al Qur'an, akan digelar secara rutin dalam satu bulan sekali.


Reporter             : Panitia Pembangunan Masjid

Editor                 : Baryachi

Redaktur             : Humas Bagian Umum

           
IAIN PEKALONGAN
Kampus 1: Jl. Kusuma Bangsa No.9 Kota Pekalongan 51141
Kampus 2: Jl. Pahlawan Km.5 Rowolaku Kajen Kab. Pekalongan 51161
Telp: +62 (285) 412575
Fax : +62 (285) 423418
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…