Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru, Program Pascasarjana UIN K.H. Abdurahman Wahid Pekalongan Diminati Hingga Luar Negeri

12 July 2022

Pekalongan (12/07) – Pascasarjana UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan kembali membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Semester Gasal 2022/2023. Program pascasarjana ini dibuka bagi seluruh lulusan sarjana perguruan tinggi negeri, perguruan tinggi swasta maupun lulusan perguruan tinggi luar negeri. Di antara program yang ditawarkan pada Pascasarjana UIN K.H. Abdurrahman Wahid yakni program Magister Pendidikan Agama Islam, Magister Hukum Keluarga Islam, Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Magister Ekonomi Syari'ah, dan Magister Pendidikan Bahasa Arab.

Direktur Pascasarjana UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan Prof. Dr. Ade Dedi Rohayana, M.Ag., menyampaikan, keunggulan utama Pascasarjana UIN K.H. Abdurrahman Wahid adalah harmonisasai pembelajaran ilmu agama (Islam) maupun ilmu umum secara integratif dan komprehensif dengan mengkaji Al-Qur’an, Hadits, Fikih dan lainnya secara menyeluruh dari berbagai perspektif keilmuan baik segi sejarah, politik, dan sosial. Selain itu, Pascasarjana UIN K.H. Abdurrahman Wahid juga didukung oleh fasilitas kampus yang memadai dan tentunya dosen-dosen berkualitas lulusan kampus terbaik, dalam dan luar negeri.

Dengan keunggulan ini, tidak heran selama dua tahun terakhir Pascasarjana UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan sangat diminati oleh masyarakat luas sehingga pendaftarnya meningkat hingga 100%. “Dari tahun-tahun yang lalu jumlah pendaftar berada dikisaran 60-80 setiap tahun ajaran. Sejak 2021 terhitung ada 150 pendaftar, dan di tahun 2022 untuk semester gasal per hari ini mencapai 103 pendaftar padahal pendaftaran masih tetap berlangsung hingga tangga 15 Juli nanti,” tutur Prof. Ade saat ditemui di ruang kerjanya.

Meningkatnya jumlah pendafar ini, tambah Prof. Ade juga diakibatkan oleh perubahan status dari IAIN Pekalongan menjadi UIN serta nama yang disandang yaitu K.H. Abdurrahaman Wahid yang merupakan salah satu presiden Indonesia yang mendunia berkat gagasannya tentang kemanusiaan dan toleransi. Dengan resmi beralih status menjadi UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan menunjukkan kualitas kampus yang semakin baik dan semakin bergengsi.

“Ada salah satu pendaftar yang berstatus kewarganegaraan bukan Indonesia, melainkan Libya. Untuk kali pertama dalam sejarah, sejak berdirinya pasca ada pendaftar calon mahasiswa dari luar negeri,” ujar Prof. Ade. Pendaftar tersebut diketahui mendaftar atas minat dan kemauan sendiri tanpa melalui program kerja sama. Hal ini menjadi salah satu bukti UIN K.H. Abdurrahman Wahid telah mengglobal dan dikenal oleh masyarakat luas. “Semoga dengan adanya mahasiswa asing ini dapat menjadi pemantik untuk lebih banyak lagi, mahasiswa dalam maupun luar negeri yang dapat berkuliah di Pascasarjana UIN Gus Dur,” tutup Prof. Ade.

Pembukaan PMB semester gasal Pascasarjana UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan dimulai tanggal 13 Juni – 15 Juli 2022 dan dilaksanakan secara daring melalui tautan https://bit.ly/PendaftaranPMBS2. Penerimaan mahasiswa baru di Pascasarjana UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan diselenggarakan dua kali dalam satu tahun ajaran. Periode semester gasal dilakukan di bulan Juli dan semester genap di bulan Desember. Seluruh persyaratan bagi pendaftar dapat diakses melalui laman web https://pps.iainpekalongan.ac.id/.


Reporter : Anik Maghfiroh

Editor     : Dimas Prasetya

Redaktur : Humas Bagian Umum

           
IAIN PEKALONGAN
Kampus 1: Jl. Kusuma Bangsa No.9 Kota Pekalongan 51141
Kampus 2: Jl. Pahlawan Km.5 Rowolaku Kajen Kab. Pekalongan 51161
Telp: +62 (285) 412575
Fax : +62 (285) 423418
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…