Tingkatkan Kualitas Akademik Dosen, Fakultas Syariah Gelar Workshop Metode Penelitian Hukum

01 July 2022

Pekalongan (1/7) – Guna meningkatkan kualitas akademik dosen, Fakultas Syariah (Fasya) UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan menggelar Workshop Metode Penelitian Hukum  bagi 35 dosen Fakultas Syariah. Workshop ini dilaksanakan pada Selasa dan Rabu (28-29 Juni 2022) di Hotel Dafam Pekalongan. Narasumber dalam workshop ini yakni Guru Besar UIN Gunung Djati Bandung Prof. Dr. Tajul Arifin. MA dan dosen Fakultas Hukum Universitas Jember Dr. Aries Harianto. SH. MH.

Dekan Fakultas Syariah Dr. Akhmad Jalaludin M.A. dalam sambutan pembukaan acara menyampaikan  workshop ini sangat penting untuk diikuti oleh para dosen di lingkungan Fakultas Syariah. "Workshop metode penelitian hukum adalah hal yang urgen bagi dosen, selain dalam hal pendidikan dan membimbing mahasiswa dalam penelitian, juga penting bagi dosen untuk landasan mengembangkan karir melalui penelitian-penelitian hukum," ungkapnya.

Jalaludin berharap dengan diselenggarakannya workshop ini, dosen Fakultas Syariah akan memiliki kualitas akademik yang mempuni terutama pada bidang penelitian hukum. Pada akhirnya kualitas ini dapat diterapkan dalam proses pembelajaran di UIN KH. Abdurrahman Wahid guna melahirkan mahasiswa-mahasiswa yang berkualitas.

Pada sesi materi, Prof. Dr. Tajul Arifin, M.A., menyampaikan penelitian hukum dapat dikaji dengan menggunakan pendekatan-pendekatan yang ada pada bidang Antropologi. Pada penelitian Antropologi tiga pendekatan yang kerap digunakan adalah pendekatan sentralistik, pendekatan komparatif, dan pendekatan holistik. “Beberapa aspek hukum islam yang dapat dikaji menggunakan antropologi, antara lain terkait pentingnya hukum Islam, tujuan hukum Islam, pembuatan hukum Islam, konteks pembuatan hukum Islam, penerapan hukum islam dan perubahan hukum Islam,” jelas Prof. Tajul.

Sementara narasumber lain yakni Dr. Aries Harianto, S. H., M.H dalam paparannya menuturkan, setiap penelitian harus mempunyai kontribusi secara teoritis sebagai pengembangan ilmu hukum melalui pengujian teori. “Penelitian hukum memiliki 5 pendekatan diantaranya pendekatan perundang-undangan, pendekatan kasus, pendekatan konsep, pendekatan sejarah, dan pendekatan perbandingan,” ungkapnya.

Bunga Desyana, salah satu peserta mengungkapkan manfaat yang ia terima setelah mengikuti acara. "Bagi dosen ini bermanfaat untuk menyamakan perspektif dalam pemahaman metode penelitian hukum," akunya. Dengan mengikuti workshop ini, ia berharap pengetahuan yg didapatkannya akan berguna untuk memberikan bimbingan kepada mahasiswa. Selain itu, workshop metode penelitian hukum ini sangat bermanfaat untuk melaksanakan tugas dosen yang tidak terlepas dari tugas penelitian dan pengabdian kepada maasayarakat.


Reporter  : Baryachi

Editor      : Dimas Prasetya

Redaktur  : Humas Bagian Umum

           
IAIN PEKALONGAN
Kampus 1: Jl. Kusuma Bangsa No.9 Kota Pekalongan 51141
Kampus 2: Jl. Pahlawan Km.5 Rowolaku Kajen Kab. Pekalongan 51161
Telp: +62 (285) 412575
Fax : +62 (285) 423418
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…