Angkat Judul “Sadar Berlalu Lintas”, Mahasiswa UIN KH. Abdurrahman Wahid Raih Juara 1 Lomba Essay Tingkat Nasional

30 June 2022

Pekalongan (30/06) – Ulul Albab, mahasiswa semester 2 Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Islam Negeri (UIN) KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan berhasil meraih juara 1 Lomba Essay tingkat nasional yang diselenggarakan oleh FTIK Unisnu Jepara. Dari lima besar peserta yang lolos tahap presentasi essay secara daring, Ulul berhasil mendapatkan poin tertinggi dengan skor 882.

Mengusung  tema Pendidikan Sebagai Tema Media Pembentukan Karakter yang Membudaya, Lomba Essay tingkat nasional ini ditujukan bagi mahasiswa aktif D3, D4 dan S1 pada perguruan tinggi di Indonesia. Lomba Essay ini dimulai sejak 1/6/2022 hingga 29/6/2022 yang dimulai dari pendaftaran, pengiriman naskah sampai dengan presentasi peserta, dan dilaksanakan secara daring.

Pendaftaran dimulai tanggal 1-20 Juni 2022, pengiriman naskah mulai tanggal 21-23 Juni 2022, selanjutnya pengumuman lolos 5 besar diumumkan melalui WhatsApp dan Instagram BEM FTIK Unisnu Jepara dan presentasi finalis sekaligus pengumuman pemenang dilakukan pada hari Rabu tanggal 29 Juni 2022, pukul 08.00 Wib via Zoom Meeting.

Dalam lomba essay ini, Ulul Albab mengangkat judul essay “SABALI : Sadar Berlalu Lintas ". Latar belakang ia memilih judul essay tersebut adalah karena keprihatinannya melihat tingginya angka kecelakaan lalu lintas dan polusi udara yang ada di Indonesia. Ia menyebut saat ini marak fenomena remaja yang naik motor secara ugal-ugalan sehingga membahayakan pengendara lain. Terkait dengan polusi udara, keprihatinan Albab muncul saat beberapa waktu yang lalu, Jakarta ditetapkan sebagai kota paling terpolusi nomor 12 di dunia.

Setelah presentasi essay dan dilakukan penilaian akhir, Albab berhasil menjadi juara 1 Lomba Essay dengan total nilai  822. Selanjutnya juara 2 dengan perolehan total nilai 775 atas nama Muhamad Sadam Riski S. dari Universitas Tadulako Palu, juara 3 dengan perolehan nilai total 770 diraih oleh Rahmat Akbar dari universitas Diponegoro Semarang dan juara harapan 1 dengan nilai total 740 diraih oleh Alfia Ainun Nikmah dari IAIN Kudus.

Atas pencapaian prestasi ini, Albab mengucapkan terima kasih atas dukungan dan doa seluruh sivitas akademika UIN Gus Dur Pekalongan. “Tak lupa, ucapan terima kasih kami sampaikan juga kepada Dekan FTIK, Bapak Dr. M. Sugeng Sholehuddin, M.Ag,, Wakil Dekan III FTIK, Bapak Dr. Abdul Khobir, M. Ag., Ketua Jurusan PAI serta Sekjur PAI yang telah memberikan segenap doa dan dukungannya,” ungkapnya.

Sebagai pendamping saat presentasi essay, Bambang Sri Hartono, M.Si menyebut keberhasilan Ulul Albab merupakan buah dari ketekunan dan kerja keras. Ia merasa bangga dapat mendampingi Albab saat presentasi lomba dan berharap Albab dapat berprestasi di lomba-lomba lainnya. “Semoga ini juga bisa menjadi penyemangat buat teman-teman mahasiswa lain dan bisa ikut membawa harum nama UIN Gus Dur di level nasional bahkan internasional,” ucapnya.


Reporter : Bambang Sri Hartono

Editor     : Dimas Prasetya

Redaktur : Humas Bagian Umum

           
IAIN PEKALONGAN
Kampus 1: Jl. Kusuma Bangsa No.9 Kota Pekalongan 51141
Kampus 2: Jl. Pahlawan Km.5 Rowolaku Kajen Kab. Pekalongan 51161
Telp: +62 (285) 412575
Fax : +62 (285) 423418
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…