Silaturahmi Syawalan, IAIN Pekalongan Gelar Halal Bi Halal Virtual

13 May 2022

Pekalongan (13/5) – Dalam rangka silaturahmi syawalan pasca momen Idul Fitri 1443H/2022 M, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan adakan Halal Bi Halal Virtual pada Rabu, 11 Mei 2022. Dengan tema “Hikmah Idul Fitri sebagai Modal Peningkatan” Halal Bi Halal Virtual diselenggarakan via Zoom Meeting dan Live Streaming Youtube IAIN Pekalongan. Dimulai pukul 09:00 WIB, acara dibuka langsung oleh Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan, Dr. H. Zaenal Mustakim, M. Ag.

Selain Rektor IAIN Pekalongan, turut hadir secara langsung para Wakil Rektor dan Kepala Biro AUAK. Sedangkan hadir secara virtual para Dekan (FTIK, FASYA, FUAD & FEBI), para Ketua Lembaga (LPM, LP2M & Ma’had Aljami’ah), Direktur Pasca Sarjana, Kepala Unit Perpustakaan, Kepala UTIPD, Kepala UPB, Ketua SPI serta Kabag Umum IAIN Pekalonganserta seluruh sivitas akademika IAIN Pekalongan.

Dalam sambutannya, Rektor IAIN Pekalongan Dr. H. Zaenal Mustakim, M. Ag., menyampaikan bahwa diadakannya Halal Bi Halal secara online ini dikarenakan ada beberapa kendala terkait situasi dan regulasi sehingga silaturahmi secara offline yang sebenarnya sudah dinantikan bersama urung dilaksanakan. “Sebab adanya keterbatasan regulasi untuk berkegiatan Halal Bi Halal atau bahkan kegiatan tatap muka secara massif. Selain itu, berkenaan dengan keluarga besar IAIN Pekalongan yang jumlahnya semakin bertambah serta renovasi Gedung Auditorium yang hari ini masih berjalan juga menjadi penyebab Halal Bi Halal untuk sementara ini dilakukan secara virtual,” ungkap Rektor.

Lebih lanjut, Rektor memberikan pesan kepada segenap sivitas akademika IAIN Pekalongan agar dapat mengambil hikmah dari ibadah di bulan Ramadhan yang telah dilaksanakan, khususnya dalam hal kedisiplinan serta kejujuran dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab agar IAIN yang sebentar lagi akan tumbuh menjadi UIN semakin memiliki prestasi dan reputasi yang baik. “Puasa adalah madrasah/sekolah yang kurikulumnya luar biasa. Semoga seluruh sivitas akademika dapat mengambil banyak pelajaran dan pengajaran sebagai bekal untuk menunaikan tugas sebaik-baiknya,” papar Rektor.

Rektor menambahkan, pelajaran yang dapat diambil selama bulan Ramadhan adalah mengenai disiplin waktu selama ramadhan seperti waktu sahur dan berbuka yang sudah jelas dan menjadi kesadaran bersama. “Harapannya juga pasca ramadhan kita jadi lebih mudah untuk saling membantu kepada manusia lainnya, selain dari pada pelajaran dari kedisiplinan yang kita dapatkankan dari rutinitas beribadah.  Dan semoga segala amal ibadah puasa kita menjadi amal baik yang diterima oleh-Nya,” tutup Rektor.

Pada kesempatan yang sama, Drs. H. Achmad Tubagus Surur, M.Ag., dalam maidhoh khasanah menyampaikan rasa syukur atas kebijakan pemerintah terkait aturan libur nasional yang didesain untuk melestarikan tradisi-tradisi Idul Fitri seperti mudik, keliling bersilaturahmi dengan keluarga dan sanak saudara serta Halal Bi Halal. “Adanya Halal Bi Halal ini menjadi ajang silaturahmi dan saling bermaaf-maafan setelah setahun berinteraksi bersama dalam melaksanakan tugas. Selain itu, Halal Bi Halal menjadi kesempatan langka karena disinilah setiap orang mengaku segala kesalahannya dan menyampaikan pengakuan-pengakuan dosa atau kekurangannya kepada sesama,” pungkas Achmad.


Reporter  : Anik Maghfiroh

Editor      : Dimas Prasetya

Redaktur  : Humas Bagian Umum

           
IAIN PEKALONGAN
Kampus 1: Jl. Kusuma Bangsa No.9 Kota Pekalongan 51141
Kampus 2: Jl. Pahlawan Km.5 Rowolaku Kajen Kab. Pekalongan 51161
Telp: +62 (285) 412575
Fax : +62 (285) 423418
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…