Mahasiswa IAIN Pekalongan Terima Beasiswa Baznas Jateng

27 April 2022

Pekalongan (27/4) – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jawa Tengah melakukan pembekalan dan penyaluran beasiswa Baznas Provinsi Jawa Tengah periode 2019 dan periode 2021 bagi tiga puluh mahasiswa IAIN Pekalongan.

Kegiatan ini dilaksanakan di meeting room lantai 2 Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD), pada Kamis 21 April 2022 jam 12.30 WIB sampai 15.00 WIB. Pemberian beasiswa ini merupakan wujud kerja sama anatara IAIN Pekalongan dengan Baznas Jateng. Penyerahan dilakukan secara simbolis dan untuk penyalurannya ditransfer ke masing-masing rekening penerima beasiswa.

Turut hadir di lokasi acara, Rektor IAIN Pekalongan Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. H. Muhlisin, M.Ag., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama FUAD  Dr. Muhandis Azzuhri, M.A. Adapun dari Baznas Jateng, turut hadir di lokasi acara yakni Wakil Ketua Baznas Drs. KH. Hadhor Ihsan dan Sekretaris Baznas Drs. H. Ahyani, M.Si.

Dalam sambutannya, Drs. H. Ahyani, M.Si memaparkan potensi zakat yang dikelola Baznas di Jawa Tengah mencapai 126 Miliar namun saat ini baru terealisasi sekitar 57%. “Kami meminta Unit Pengumpul Zakat (UPZ) IAIN Pekalongan dan UPZ-UPZ lain agar membantu dalam peningkatan realisasi zakat,” ungkap Ahyani. Ia menambahkan beasiswa Baznas diprioritaskan untuk mahasiswa tidak mampu dengan tetap mempertimbangkan IPK.

Selain mendapatkan bantuan dana pendidikan, penerima beasiswa juga diberikan pelatihan-pelatihan soft skills dan kewirausahaan. Sampai tahun 2022 ini, total sudah ada 7000 alumni pelatihan Baznas Jateng. Ahyani menuturkan, penerima beasiswa akan dikumpulkan dalam wadah Perkumpulan Alumni Penerima Beasiswa Baznas, agar dapat belajar dari para seniornya yang sudah sukses.

Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag. mengapresisasi atas partisipasi Baznas Jateng dalam dunia pendidikan dan secara khusus kepada IAIN Pekalongan. “Terimakasih atas kepercayaan Baznas Jateng yang telah mentasyarufkan zakatnya pada mahasiswa IAIN Pekalongan,” ungkap Zaenal. Zaenal akan berupaya meningkatkan penerimaan UPZ di IAIN Pekalongan sebagai wujud komitmen keseriusan terhadap pengelolaan zakat. “Perlu diingat, agar mahasiswa penerima beasiswa Baznas dapat menjadi agen dan duta zakat di masyarakat,” tutup Zaenal.

 


Reporter  : Baryachi

Editor      : Dimas Prasetya

Redaktur  : Humas Bagian Umum

           
IAIN PEKALONGAN
Kampus 1: Jl. Kusuma Bangsa No.9 Kota Pekalongan 51141
Kampus 2: Jl. Pahlawan Km.5 Rowolaku Kajen Kab. Pekalongan 51161
Telp: +62 (285) 412575
Fax : +62 (285) 423418
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…