Tadris Matematika Adakan Bimtek Media Pembelajaran Bagi Mahasiswa

01 April 2022

Pekalongan (1/4) - Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Pekalongan mengadakan bimbingan teknis (bimtek) tentang media pembelajaran Matematika bagi 103 mahasiswa Tadris Matematika FTIK IAIN Pekalongan. Bimtek ini dilaksanakan di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika Yogyakarta pada hari Selasa, 29 Maret 2022.

Kegiatan ini menghadirkan 5 narasumber dari PPPPTK Yogyakarta yaitu Anang Heni T., S.Sos., M.Sn., Untung TS, S.Pd, M.Si., Yudom Rudianto, M.Si., Nur Amini Mustajab, S.Si., M.Pd., dan Jakim Wiyoto, S.Si. Tujuan dari bimtek ini adalah untuk membekali mahasiswa dengan teknologi pembelajaran dan media pembelajaran Matematika yang kreatif dan inovatif sehingga kelak ketika lulus bisa menjadi guru Matematika yang profesional.

Ketua Jurusan Tadris Matematika IAIN Pekalongan Santika Lya Diah Pramesti, M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan motivasi dan harapannya kepada suluruh peserta bimtek. “Harapannya semoga mahasiswa bisa belajar dan praktik langsung sehingga dapat menjadi bekal ketika nanti mengajar langsung di kelas,” ungkap Santika. Santika menyampaikan bahwa mahasiswa lulusan IAIN Pekalongan akan dibekali SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah) selain surat keterangan lulus (SKL), ijazah dan transkrip. “Kegiatan ini juga menghasilkan output dan sertifikat sehingga mendukung SKPI mahasiswa,” tambah Santika.

Ada beberapa media pembelajaran di dalam pengajaran Matematika yang disampaikan pada bimtek ini yaitu Pengenalan Augmented Reality (AR), Optimalisasi Google Site, dan Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Anang Heni T., S.Sos., M.Sn., dalam paparan materinya menyebut pentingnya penggunaan teknologi informatika dalam pembelajaran Matematika. Salah satunya adalah penggunaan Augmented Reality. “Augmented Reality dapat memberi unsur "bahagia" dalam pembelajaran matematika,” jelas Anang.

Yudom Rudianto, M.Si juga menyampaikan pentingnya penggunaan Google Sheet untuk pembelajaran matematika di zaman sekarang. “Guru dapat menyiapkan website yang dibuat menggunakan Google Sites untuk memudahkan proses pembelajaran,” ungkapnya. Yudom menambahkan penyampaian pembelajaran dapat dilakukan secara efektif dengan dukungan fitur-fitur yang ditawarkan oleh Google Sites. “Materi yang telah diunggah ke dalam Google Sites akan tetap berada di Google Sites dan tidak akan terpengaruh dengan gangguan virus atau yang lainnya. Selain itu, tidak membebani kapastitas penyimpanan komputer,” pungkas Yudom.

Reporter : Baryachi

Editor     : Dimas Prasetya

Redaktur : Humas Bagian Umum


 

           
IAIN PEKALONGAN
Kampus 1: Jl. Kusuma Bangsa No.9 Kota Pekalongan 51141
Kampus 2: Jl. Pahlawan Km.5 Rowolaku Kajen Kab. Pekalongan 51161
Telp: +62 (285) 412575
Fax : +62 (285) 423418
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…