Fakultas Syariah Gelar Studium General Terkait Masa Depan Sistem Peradilan Modern

28 March 2022

Pekalongan (28/3) – Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan gelar Studium General dengan tema "E-Court dan Masa Depan Sistem Peradilan Modern di Indonesia: Peluang Dan Tantangan Bagi Alumni Fakultas Syariah". Acara dilaksanakan di Hotel Dafam Kota Pekalongan pada Jumat (25/03/2022) dan berlangsung mulai pukul 13.30 sampai dengan 16.45 WIB.

Hadir sebagai narasumber yakni Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK RI) Prof. Dr. H. Anwar Usman, Datuak Rajo Alam Batuah, Karaeng Makulle Galesong, SH., MH dan peneliti MK RI, Dr. Nalom Kurniawan, SH., MH. Selaku moderator pada acara ini yaitu dosen muda Fakultas Syariah IAIN Pekalongan Iqbal Kamalludin, M.H. Adapun Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan IAIN Pekalongan Drs. Moh. Muslih, Ph.D. hadir secara langsung untuk membuka acara.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Syariah IAIN Pekalongan Dr. H. Akhmad Jalaludin, M.A. menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan penuh Ketua MK RI sehingga agenda yang telah disusun sejak dua tahun yang lalu ini dapat terselenggara dengan sukses. Akhmad menambahkan, tema yang diusung sangat menarik mengingat perubahan sistem peradilan di era teknologi, tentunya menjadi peluang sekaligus tantangan bagi lulusan (alumni) dan calon alumni (mahasiswa), khususnya alumni dan mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Pekalongan.

Oleh karena itu, para mahasiswa Fakultas Syariah harus memiliki dua kompetensi yaitu kompetensi atau kemahiran teknologi informasi dan kemahiran ilmu syariah dus Ilmu hukum. Kolaborasi yang bersifat integratif-interkonektif antara kemahiran teknologi informasi dengan ilmu hukum dan syariah diharapkan akan menjadikan lulusan Fakultas Syariah menangkap peluang dan menghadapi tantangan sistem peradilan modern di Indonesia.

Prof. Dr. Anwar Usman, SH., MH selaku Ketua MK RI memaparkan tentang pentingnya integritas dan nilai-nilai keadilan yang harus dimiliki oleh Hakim MK. MK RI merupakan role model bagi Mahkamah Konstitusi di banyak negara di dunia. Acara ini juga dapat disaksikan di Channel Youtube Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia dan Fakultas Syariah IAIN Pekalongan.

Kegiatan Studium General ditutup dengan sesi foto bersama. Hadir dalam kegiatan tersebut Bawaslu Kota dan Kabupaten se-eks Karesidenan Pekalongan, Ketua Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama se-eks Karesidenan Pekalongan, Dosen, dan Mahasiswa IAIN Pekalongan yang hadir secara langsung maupun secara daring melalui aplikasi zoom dan streaming Youtube Fakultas Syariah IAIN Pekalongan.


Reporter  : Iqbal Kamalludin

Editor      : Dimas Prasetya

Redaktur  : Humas Bagian Umum

           
IAIN PEKALONGAN
Kampus 1: Jl. Kusuma Bangsa No.9 Kota Pekalongan 51141
Kampus 2: Jl. Pahlawan Km.5 Rowolaku Kajen Kab. Pekalongan 51161
Telp: +62 (285) 412575
Fax : +62 (285) 423418
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…