IAIN Pekalongan Adakan Seminar Computational Thinking Bagi Siswa Kelas XII

04 March 2022

Pekalongan (4/3) - Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Pekalongan lakukan pengenalan Computational Thinking bagi siswa kelas XII SMA eks Karesidenan Pekalongan. Kegiatan ini dilaksanakan di laboratorium komputer FTIK Kampus 2 IAIN Pekalongan pada hari Sabtu, 19 Februari 2022.

Kegiatan yang mengambil tema “Integrasi Keilmuan dengan Computational Thinking (Perkuat Skill Siswa)” ini diikuti oleh 40 peserta dari 20 sekolah eks Karesidenan Pekalongan. Tujuan dari dilaksanakannya seminar ini adalah untuk pengenalan computational thinking bagi siswa SMA kelas 12.

Seperti yang kita ketahui, penguasaan kecakapan berpikir/pemikiran komputasi atau Computational Thinking (CT) sebagai salah satu teknik penyelesaian masalah menjadi sangat penting di masa sekarang untuk menyiapkan generasi penerus yang berdaya saing di era ekonomi digital ini. Kecakapan ini mengajarkan siswa bagaimana berpikir seperti cara ilmuwan komputer berpikir, untuk menyelesaikan permasalahan di dunia nyata.

Hadir di lokasi acara, Wakil Dekan I FTIK Dr. Muhamad Jaeni, M.Pd., M.Ag., Heni Lilia Dewi, M.Pd., dan Nurul Husnah Mustika Sari, M.Pd. Dalam sambutannya, Jaeni mengungkapkan pentingnya pengetahuan tentang Computational thinking. “Kemampuan siswa harus di-upgrade menyesuaikan kebutuhan di era 5.0,” ungkapnya. Jaeni menambahkan IAIN Pekalongan siap hadir untuk mendampingi para siswa mencapai kompetensi dan kemampuan yang unggul.

Senada dengan Jaeni, Heni selaku narasumber dalam kegiatan ini juga menyampaikan siswa harus ditingkatkan kemampuannya tentang computational thingking untuk menyesuaikan kebutuhan di era 5.0. “Jurusan Tadris Matematika akan mendampingi peserta didik untuk siap meningkatkan kemampuannya,” ungkapnya. Heni juga menambahkan, CT dapat digunakan untuk mendukung pemecahan masalah disemua disiplin ilmu, termasuk humaniora, matematika dan ilmu pengetahuan.

Pada kesempatan yang sama juga dilakukan sosialisasi Penerimaan Mahasisa Baru (PMB) IAIN Pekalongan. Dalam kesempatan ini, Nurul Husnah Mustika Sari, M.Pd. menyampaikan IAIN Pekalongan memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa untuk berkembang dan menimba ilmu di IAIN Pekalongan. “IAIN Pekalongan sudah terakreditasi B (350), yang merupakan nilai tertinggi di IAIN se-Indonesia,” tegas Nurul. “Dan Jurusan Tadris Matematika menjadi satu-satunya prodi pendidikan matematika di IAIN Pekalongan,” tambahnya.


Reporter  : Baryachi                                            

Editor      : Dimas Prasetya

Redaktur  : Humas Bagian Umum

           
IAIN PEKALONGAN
Kampus 1: Jl. Kusuma Bangsa No.9 Kota Pekalongan 51141
Kampus 2: Jl. Pahlawan Km.5 Rowolaku Kajen Kab. Pekalongan 51161
Telp: +62 (285) 412575
Fax : +62 (285) 423418
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…