Dirjen Pendis Kemenag: Kunci Membangun Peradaban Dengan Terus Belajar

24 February 2022

Pekalongan (24/2) - Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama RI, Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP, M.T. menyebut kunci dari membangun peradaban di era Society 5.0 adalah kesungguhan untuk terus belajar terutama bagi civitas perguruan tinggi. Hal ini ia sampaikan pada agenda Studium General Pascasarjana IAIN Pekalongan, Rabu (23/02/2022).

Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP, M.T atau yang kerap disapa dengan nama Prof. Dhani menyampaikan bahwa belajar merupakan kata kunci dalam membangun peradaban di tengah dunia yang serba tidak pasti. "Orang terpelajar yakni pemilik masa lalu, sedangkan orang yang terus belajar yakni orang yang akan memiliki masa depan. Sementara hari ini yang paling statis adalah dinamika, dan yang tetap adalah ketidakpastian (perubahan)”, ungkap Prof. Dhani.

Prof. Dhani menambahkan dalam menuju kesuksesan seseorang memerlukan tiga aspek yang saling berkesinambungan, yakni keterampilan, pengetahuan, dan sikap. “Saya berharap proses pembelajaran kita semakin kuat, tidak puas dengan memiliki apa yang ada namun harus tetap bergerak. Proses belajar menjadi hal penting. Dari hidup kita belajar, dan dari belajar kita hidup," jelas Prof. Dhani.

Bertempat di Aula Gedung Pascasarjana IAIN Pekalongan, acara Studium General dihadiri oleh Rektor IAIN Pekalongan Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag., Direktur Pascasarjana IAIN Pekalongan Prof. Dr. H. Ade Dedi Rohayana, M. Ag., dan segenap pimpinan di lingkungan Pascasarjana IAIN Pekalongan. Acara ini juga dihadiri oleh para mahasiswa baru Pascasarjana IAIN Pekalongan.

Dalam sambutannya, Rektor IAIN Pekalongan mengucapkan terima kasih kepada Dirjen Pendis Kemenag RI yang berkenan hadir di beberapa acara yang digelar oleh IAIN Pekalongan. “IAIN Pekalongan menjadi salah satu dari sekian PTKIN yang sering mendapat kebanggaan dengan hadirnya Dirjen Pendis secara langsung,” tutur Rektor.

Rektor melanjutkan, bahwa dalam waktu dekat transformasi IAIN menjadi UIN bukan lagi sekedar impian, melainkan akan segera menjadi kenyataan. “Kita sambil menunggu bersama, peraturan Presiden (Perpres) yang rencananya akan turun pada bulan April depan, Insya Allah," pungkas Rektor

Pada kesempatan tersebut, Direktur Pascasarjana IAIN Pekalongan secara resmi meluncurkan Program Studi baru di Pascasarjana IAIN Pekalongan yakni Pendidikan Bahasa Arab. “Alhamdulillah minat untuk melanjutkan pendidikan S2 di Pascasarjana IAIN Pekalongan semakin meningkat, pada tahun ajaran 2022 ini jumlah mahasiswa baru yang mendaftar sejumlah 75 orang dan diperkirakan akan naik menjadi 150 jika digabungkan dengan periode bulan Juli nanti. Selain itu tahun 2022 menjadi satu momen penting, karena Pascasarjana IAIN Pekalongan bertambah satu prodi baru yaitu Pendidikan Bahasa Arab”, ungkap Prof. Ade.

 

Reporter  : Anik Maghfiroh

Editor       : Dimas Prasetya

Redaktur : Humas Bagian Umum

 

 

           
IAIN PEKALONGAN
Kampus 1: Jl. Kusuma Bangsa No.9 Kota Pekalongan 51141
Kampus 2: Jl. Pahlawan Km.5 Rowolaku Kajen Kab. Pekalongan 51161
Telp: +62 (285) 412575
Fax : +62 (285) 423418
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…