Tekan Penyebaran Omicron, IAIN Pekalongan Gelar Vaksinasi Booster

22 February 2022

Pekalongan (22/2) – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan menggelar vaksinasi dosis ke-3 (Booster) bagi dosen dan pegawai di lingkungan IAIN Pekalongan.  Vaksinasi dilaksanakan di gedung Auditorium IAIN Pekalongan kampus I Panjang Kota Pekalongan pada Selasa, 22 Februari 2022. Vaksinasi Booster terlaksana berkat kerja sama antara IAIN Pekalongan dengan Kodim 0710 Pekalongan.

Kegiatan vaksinasi ditujukan untuk membantu upaya pemerintah dalam menekan laju penyebaran Virus Covid-19 Omicron. Adapun keseluruhan proses vaksinasi dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Untuk menghindari terjadinya kerumunan, pelaksanaan vaksinasi dibagi menjadi 4 sesi. Sesi pertama dimulai pukul 09.00 sampai 10.00 WIB, sesi kedua pukul 10.00 sampai 11.00 WIB, sesi ketiga pukul 11.00 sampai 12.00 WIB dan sesi keempat pukul 12.00 ampai 13.00 WIB.  

Sebelum dilakukan penyuntikan vaksin, petugas melakukan cek tekanan darah dan screening terhadap peserta vaksin terkait gejala yang timbul saat vaksin tahap sebelumnya. Dokter yang bertugas juga menyampaikan gejala yang timbul setelah vaksin adalah hal yang normal. Dan gejalanya bisa dikurangi dengan memperbanyak minum air putih dan juga dengan mengonsumsi obat pereda nyeri atau paracetamol

Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan Drs. Moh. Muslih, Ph.D. menyampaikan urgensi vaksinasi booster adalah untuk persiapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). “Perlu usaha dan ikhtiar supaya keluarga besar IAIN Pekalongan dipastikan sehat untuk melayani mahasiswa yang sebentar lagi melaksanakan kuliah tatap muka” ungkap Muslih yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua II Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 IAIN Pekalongan. Dengan adanya vaksinasi booster diharapkan supaya semuanya siap menghadapi proses pembelajaran dan pelyanan di IAIN Pekalongan.

Muslih berpesan kepada seluruh sivitas akademika IAIN Pekalongan untuk selalu berdoa dan berusaha untuk menjaga kesehatan. “Saat ini angka peningkatan Covid-19 atau Omicron meningkat tajam, maka kita harus menjaga kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, menjaga jarak komunikasi antar sesama, dan selalu mencuci tangan,” terang Muslih. Selain menerapkan protokol kesehatan, Muslih juga berpesan agar sivitas akademika IAIN Pekalongan selalu meningkatkan imunitas dengan olahraga, istirahat yang cukup dan makan makanan yang sehat.

Sementara itu, Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0710 Pekalongan Letkol Infantri Raji saat ditemui di lokasi acara memberikan apresiasi atas pelaksanaan vaksinasi di IAIN Pekalongan yang berjalan dengan baik dan lancar. “Saya lihat pelaksanaannya cukup bagus dan rapi, dan tempatnya juga nyaman,” ungkapnya. Ia menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan wujud dedikasi TNI dan Polri yang selama ini turut aktif dalam penanganan Covid-19. “Kita turun untuk membantu pemerintah kota sesuai arahan dari Bapak Menteri, vaksinasi jangan sampai dilupakan dan harus terus digencarkan,” tutupnya.


Reporter  : Baryachi

Editor      : Dimas Prasetya

Redaktur  : Humas Bagian Umum

           
IAIN PEKALONGAN
Kampus 1: Jl. Kusuma Bangsa No.9 Kota Pekalongan 51141
Kampus 2: Jl. Pahlawan Km.5 Rowolaku Kajen Kab. Pekalongan 51161
Telp: +62 (285) 412575
Fax : +62 (285) 423418
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…