IAIN Pekalongan Sosialiasi PMB Jalur SPAN PTKIN di Tegal

16 February 2022

Tegal (16/2) – IAIN Pekalongan selenggarakan sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) tahun 2022 bagi operator dan guru bimbingan konseling (BK) SMA/MA/SMK se-Kabupaten Tegal dan Pemalang. Acara sosialisasi dirangkai dengan bimbingan teknis penyusunan Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) SPAN PTKIN tahun 2022.

Acara sosialisasi dilaksanakan pada Rabu (16/02) di Hotel Bahari Inn Tegal dan dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Prof. Dr. Maghfur, M.Ag. Dalam sambutan acara, Maghfur menyampaikan kegiatan sosialisasi dilakukan dalam rangka memberikan bimbingan teknis terkait penyusunan PDSS tahun 2022. “Selain mensosialisasikan teknis pengisian data sekolah dan siswa pada masa SPAN kegiatan ini juga dalam rangka menyambung silaturahmi dan kerja sama dalam bidang akademik dengan pihak sekolah”, ungkap Maghfur.

Lebih lanjut, Maghfur menuturkan bahwa orientasi luaran IAIN Pekalongan adalah menghasilkan lulusan yang unggul di tengah-tengah masyarakat, “IAIN Pekalongan yang  memiliki basis di bidang ilmu keagamaan mendorong lulusan menjadi alumni yang salih, berkarakter moderat dan mempunyai kemampuan problem solving yang baik,” tutur Maghfur. Dengan dibukanya pendaftaran SPAN PTKIN tahun 2022 merupakan kesempatan yang sangat baik bagi sekolah untuk mendaftarkan para siswanya kuliah di IAIN Pekalongan, terutama karena pendaftaran SPAN yang tidak memungut biaya sama sekali.

Sementara dalam sesi bimbingan teknis penyusunan PDSS SPAN PTKIN, Ahmad Rosyid, M.Si.,Akt.,CA selaku Ketua Tim Unit Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (UTIPD) IAIN menyampaikan agar teknis pengisian data PDSS dilakukan dengan cermat dan memperhatikan jadwal pengisian. “Untuk pengisian, teman-teman bisa langsung mengunduh template yang ada di web kemudian mengisi kolom yang belum terisi seperti kolom nilai,” jelas Rosyid. Bagi sekolah yang belum terdaftar di Dapodik atau belum memiliki NPSN (nomor pokok sekolah nasional) agar melakukan permohonan NPSS (nomor pokok sekolah sementara) terlebih dahulu. Caranya dapat mengikuti panduan pada tautan https://pdss.span-ptkin.ac.id/web/registrasi.

Selain sesi bimbingan penyusunan PDSS SPAN PTKIN, acara sosialiasi juga dirangkai oleh sesi lainnya yakni sesi uraian kebijakan Dinas Pendidikan Provinsi Jateng Wilayah XII dalam upaya peningkatan angka partisipasi pendidikan tinggi bagi lulusan sekolah menengah oleh Sulikin, S.Pd., M.Pd (Kepala Kancab Dinas Pendidikan Wilayah XII), dan sesi pelatihan pengembangan karir bagi guru BK sekolah menengah oleh Adin Setiawan, M.Psi (Tim Career Development Centre IAIN Pekalongan).


Reporter  : Anik Maghfiroh

Editor      : Dimas Prasetya

Redaktur  : Humas Bagian Umum

           
IAIN PEKALONGAN
Kampus 1: Jl. Kusuma Bangsa No.9 Kota Pekalongan 51141
Kampus 2: Jl. Pahlawan Km.5 Rowolaku Kajen Kab. Pekalongan 51161
Telp: +62 (285) 412575
Fax : +62 (285) 423418
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…