IAIN Pekalongan Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SPAN-UM PTKIN

20 January 2022

Pekalongan (20/01) – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan membuka pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-UM PTKIN) tahun 2022. Pola seleksi serentak dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu.

Penyelenggara SPAN-UM PTKIN adalah panitia pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Menggunakan metode seleksi berdasarkan penjaringan prestasi akademik berupa nilai rapor dan prestasi lain (non-akademik) berupa portofolio tanpa ujian tertulis. Biaya pelaksanaan SPAN-UM PTKIN tahun 2022 sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran.

SPAN-UM PTKIN tahun 2022 terbuka bagi 59 Perguruan Tinggi dengan memenuhi prinsip adil, transparan, dan tidak diskriminatif serta tetap memperhatikan potensi dari calon mahasiswa. Selain itu, SPAN-UM PTKIN juga memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada sekolah/madrasah baik MA/MAK/SMA/SMK/Pesantren Mu’adalah agar mendaftarkan siswa-siswanya yang memiliki prestasi akademik.

Pendaftaran calon peserta SPAN-UM PTKIN dilaksanakan melalui dua tahap, yaitu tahap pendaftaran oleh sekolah dan tahap pendaftaran yang dilakukan oleh siswa. Baik tahap pendaftaran oleh sekolah maupun oleh siswa dilakukan secara daring dengan memperhatikan ketentuan yang berlaku. Pada tahap pendaftaran sekolah, kepala sekolah mendaftarkan sekolahnya dan mengisikan data siswa kelas XII.

Pada tahap pendaftaran siswa, setiap siswa yang didaftarkan oleh sekolah melakukan pemilihan perguruan tinggi dan jurusan sesuai dengan minat masing-masing dengan memperhatikan ketentuan SPAN-UM PTKIN. Estimasi waktu pelaksanaan SPAN-UM PTKIN tahun 2022 adalah; pengisian dan verifikasi PDSS 07-28 Februari, pendaftaran 04-31 Maret, seleksi tahap I 04-07 April, seleksi tahap II 09-11 April, dan pengumuman 5 April. Informasi lengkap SPAN-PTKIN dapat diakses melalui https://span-ptkin.ac.id.

Pada SPAN-UM PTKIN tahun 2022, IAIN Pekalongan memberikan kesempatan kepada semua calon mahasiswa untuk mendaftar dan memilih jurusan-jurusan terbaik di IAIN Pekalongan. Total terdapat 18 jurusan yang dapat dipilih yang tersebar dari 4 fakultas di IAIN Pekalongan. Empat fakultas tersebut yakni Fakultas Syariah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.


Reporter  : Anik Maghfiroh

Editor      : Dimas Prasetya

Redaktur  : Humas Bagian Umum

           
IAIN PEKALONGAN
Kampus 1: Jl. Kusuma Bangsa No.9 Kota Pekalongan 51141
Kampus 2: Jl. Pahlawan Km.5 Rowolaku Kajen Kab. Pekalongan 51161
Telp: +62 (285) 412575
Fax : +62 (285) 423418
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…