Menteri Agama Resmi Buka SPAN-UM PTKIN Tahun 2022

20 January 2022

Jakarta (20/01) – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas resmi membuka peluncuran Seleksi Prestasi Akademik Nasional Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-UM PTKIN) tahun 2022. Acara peluncuran SPAN-UM PTKIN dilaksanakan di Hotel Mercure Ancol, Jakarta pada Selasa (18/01/2022).

Dengan mengusung tagline: Kuliah di PTKIN; It’s My Dream, acara peluncuran juga dapat ditonton secara daring melalui aplikasi Zoom dan streaming Youtube. Selain Menteri Agama acara ikut dihadiri oleh Sekjen Kemenag Prof. Dr. H. Nizar, M.Ag., Dirjen Pendidikan Islam Prof. Dr. H. Muhammad Ali Ramdani, S. TP, MT, Ketua SPAN-UM PTKIN 2022 yang juga Rektor UIN Walisongo Semarang Prof. Dr. Imam Taufiq M.Ag., dan Rektor dari berbagai PTKIN se-Indonesia.

Dalam sambutannya, Yaqut menyampaikan bahwa SPAN-UM PTKIN merupakan ikhtiar bersama Kementerian Agama dalam perluasan akses masyarakat agar dapat kuliah di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. “SPAN-UM PTKIN sangat strategis, sebagai tahap awal mendapatkan calon-calon mahasiswa yang unggul dan terbaik. Karenanya, seleksi mahasiswa ini dapat menjadi sarana peningkatan mutu PTKIN,” terang Yaqut.

Lebih lanjut, Yaqut menerangkan indikator keberhasilan dari SPAN-UM PTKIN. “Indikator keberhasilan SPAN UM PTKIN dapat dilihat dari output atau lulusan yang mampu memberi warna bagi kehidupan bangsa dan negara serta peradaban dunia. Sehingga masyarakat umum atau publik dapat menilai seberapa besar dampak dari lulusan mahasiswa PTKIN,” tambah Yaqut.

Sementara itu, Ketua Panitia SPAN-UM PTKIN Prof. Dr. Imam Taufiq M.Ag., menjelaskan bahwa pola seleksi SPAN UM-PTKIN dapat diikuti oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia tanpa membedakan jenis kelamin, agama, ras, suku, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi. “SPAN UM PTKIN terbuka untuk seluruh calon mahasiswa se-Indonesia dan akan dilaksanakan oleh 58 PTKIN yang tersebar di seluruh Indonesia dan 1 Fakultas Agama PTN yaitu Universitas Singaperbangsa Karawang,” jelas Imam.

Proses pendaftaran jalur SPAN-PTKIN dilaksanakan mulai bulan Februari hingga April 2022. Daftar program studi dan daya tampung SPAN - PTKIN dapat dilihat pada laman: http://www.span-ptkin.ac.id.


Reporter  : Anik Maghfiroh

Editor      : Dimas Prasetya

Redaktur  : Humas Bagian Umum

           
IAIN PEKALONGAN
Kampus 1: Jl. Kusuma Bangsa No.9 Kota Pekalongan 51141
Kampus 2: Jl. Pahlawan Km.5 Rowolaku Kajen Kab. Pekalongan 51161
Telp: +62 (285) 412575
Fax : +62 (285) 423418
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…