Rektor IAIN Pekalongan Lantik Pejabat Fungsional Hasil Penyetaraan

17 December 2020

Pekalongan (17/12) - Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan melantik dan mengambil sumpah jabatan fungsional hasil penyetaraan jabatan administrasi, pada hari Kamis, 17 Desember 2020 bertempat di Auditorium. Acara pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan SK jabatan fungsional hasil penyetaraan, pembacaan naskah pelantikan, pengambilan sumpah jabatan, penandatangan berita acara, dan penyerahan SK kepada para pejabat fungsional yang dilantik. Turut hadir dalam acara tersebut, para Wakil Rektor, Kepala Biro AUAK, para Dekan dan sejumlah pejabat di lingkungan IAIN Pekalongan. 

Jabatan administrasi di lingkungan IAIN Pekalongan yang dilakukan penyetaraan ada 10 (sepuluh) jabatan. Adapun daftar nama pejabat fungsional yang dilantik dan disetarakan jabatannya sebagai berikut:

  1. Irham Baihaqi Thoha, M.M., Kabag. Perencanaan dan Keuangan pada Biro AUAK menjadi fungsional Perencana Ahli Madya.
  2. Ayatullah Sadali, M.M., Kasubbag. Keuangan dan BMN pada Biro AUAK menjadi fungsional Analis Pengelolaan Keuangan APBN Ahli Muda.
  3. Sobi Ghozani, S.Kom., Kasubbag. Perencanaan pada Biro AUAK menjadi fungsional Perencana Ahli Muda.
  4. Arif Prabowo, S.E., Kasubbag. Organisasi, Kepegawaian dan Penyusunan Peraturan pada Biro AUAK menjadi fungsional Analis Kepegawaian Ahli Muda.
  5. Mohammad Iqbal, S.E., Kasubbag. Administrasi Umum dan Keuangan pada Fakultas Syari'ah menjadi fungsional Analis Pengelolaan Keuangan APBN Ahli Muda.
  6. Elis Nursetialloh, M.Pd., Kasubbag. Administrasi Umum dan Keuangan pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan menjadi fungsional Analis Pengelolaan Keuangan APBN Ahli Muda.
  7. Nafilah, S.Ag., Kasubbag. Administrasi Umum dan Keuangan pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam menjadi fungsional Analis Pengelolaan Keuangan APBN Ahli Muda.
  8. Novianti Sani, S.Ag., Kasubbag. Administrasi Umum dan Keuangan pada Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah menjadi fungsional Analis Pengelolaan Keuangan APBN Ahli Muda.
  9. Agus Sulistiyono, S.Kom., Kasubbag. Tata Usaha pada Lembaga Penjaminan Mutu menjadi fungsional Pranata Komputer Ahli Muda.
  10. Muttaqin, S.Sos., Kasubbag. Tata Usaha pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat menjadi fungsional Arsiparis Ahli Muda.

Dalam amanatnya Rektor IAIN Pekalongan, Dr. H. Ade Dedi Rohayana, M.Ag mengawali dengan mengucapkan selamat kepada para pejabat fungsional yg baru saja dilantik, semoga mampu melaksanakan tugas baru dalam jabatan fungsional hasil penyetaraan dengan baik, mampu mengemban jabatan yang telah diamanatkan dengan penuh tanggung jawab dan dedikasi yang tinggi untuk kemajuan IAIN Pekalongan. Pelantikan ini juga sebagai wujud sosialisasi kepada para sivitas akademika, bahwa sebagian pejabat administrasi di lingkungan IAIN Pekalongan telah dialihkan dalam jabatan fungsional melalui mekanisme penyetaraan. 

Lebih lanjut Dr. Ade menyampaikan bahwa pelantikan jabatan fungsional ini merupakan tindak lanjut dari kebijakan pembangunan nasional di bidang reformasi birokrasi dan pengembangan SDM, serta program prioritas Presiden dalam penyederhanaan birokrasi pemerintah melalui proses penyetaraan jabatan sebagaimana diatur dalam Surat Edaran Menteri PAN dan RB Nomor 384 Tahun 2019 tentang Langkah Strategis dan Kongkrit Penyederhanaan Birokrasi, yang kemudian implementasi teknisnya diatur dalam Peraturan Menteri PAN dan RB Nomor 28 Tahun 2019 tentang penyetaraan jabatan administrasi ke dalam jabatan fungsional, terangnya. 

Secara terpisah Kepala Bagian Umum IAIN Pekalongan, Saiful Anam, M.A menyampaikan bahwa pelantikan pejabat fungsional ini merupakan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Dalam pasal 87 disebutkan bahwa setiap PNS yang diangkat menjadi pejabat fungsional wajib dilantik dan diambil sumpah/janji menurut agama atau kepercayaannya kepada Tuhan Yang Maha Esa. Setelah dilantik, pegawai dalam Jabatan Fungsional tersebut tetap menempati kedudukan tempat tugas sebelumnya dan melaksanakan tugas-tugas sebagai Jabatan Fungsional. Pejabat fungsional tersebut secara otomatis akan diberikan tugas dan fungsi koordinasi dan pengelolaan kegiatan sesuai dengan bidang tugasnya. Tugas dan fungsi koordinasi tersebut nanti akan diatur lebih lanjut dalam Keputusan Menteri Agama, jelasnya. 

Lebih lanjut Saiful Anam menjelaskan bahwa berdasarkan Surat Menteri Agama Nomor: B-497/MA/OT.00/12/2020 perihal Tindak Lanjut dan Implementasi Surat Persetujuan Menteri PAN dan RB Nomor: B/708/M.SM.02.00/2020, pada point 6 dijelaskan bahwa pejabat fungsional hasil penyetaraan jabatan administrasi ke dalam jabatan fungsional tidak boleh dimutasi/dirotasi pada jabatan lain selama minimal 2 (dua) tahun untuk kepentingan pemantauan dan evaluasi. Program evaluasi ini untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan penyetaraan jabatan dan untuk mengukur kompetensi pejabat fungsional tersebut terhadap bidang tugas yang menjadi tanggung jawabnya, tambahnya. 

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan fungsional hasil penyetaraan jabatan administrasi berjalan dengan tertib dan lancar. Setelah acara ditutup, seluruh tamu undangan yang hadir menyampaikan ucapan selamat kepada para pejabat fungsional yang baru dilantik. Acara diselenggarakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat guna pencegahan penyebaran Covid-19._(Humas_Bagian Umum)

 

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…