IAIN Pekalongan Selenggarakan Workshop Pengembangan Karier Dosen

01 December 2020

Pekalongan - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan menyelenggarakan kegiatan Workshop Pengembangan Karier Dosen Melalui Percepatan Program Doktor selama 2 (dua) hari, pada Senin - Selasa, 30 November - 1 Desember 2020 bertempat di Hotel Dafam Pekalongan. Kegiatan yang digawangi Bagian Umum ini dimulai pukul 08.30 WIB yang diawali dengan pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan-sambutan dan ditutup dengan do'a sebagai pamungkas opening ceremony.

Dalam sambutannya, Kepala Bagian Umum IAIN Pekalongan, Saiful Anam, M.A menyampaikan bahwa kegiatan workshop ini merupakan tindak lanjut dari program pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang sudah tertuang dalam Renstra 2017 – 2021. Terdapat 35 (tiga puluh lima) orang dosen yang saat ini sedang studi lanjut S.3 (Doktor) dan rata-rata telah selesai teori (kuliah), sehingga perlu didukung dengan kegiatan percepatan penyelesaian studi, khususnya percepatan penulisan disertasi. Pola percepatan ini ditempuh dengan cara melibatkan dosen-dosen muda sebagai pendamping untuk membantu penyelesaian penulisan disertasi, terangnya.

Sebagaimana diketahui, jenjang karier tertinggi jabatan akademik dosen adalah Guru Besar atau Profesor. Sesuai Peraturan Menteri PAN dan RB Nomor 17 Tahun 2013, tidak mungkin dosen bisa mencapai jenjang karier tertinggi jika tidak berpendidikan Doktor (S.3), karena itu merupakan syarat. Begitu pula dengan jabatan Lektor Kepala, ada perbedaan perlakukan penulisan artikel yang harus diterbitkan dalam jurnal ilmiah antara yang berpendidikan Doktor (S.3) dengan Magister (S.2). Manfaat pendidikan Doktor ini tidak saja berpengaruh pada peningkatan jenjang karier dosen yang bersangkutan, tetapi juga peningkatan performa dan penguatan kelembagaan. Semakin tinggi pendidikan dosen akan berpengaruh signifikan terhadap kinerja organisasi dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di IAIN Pekalongan.

Sementara itu Rektor IAIN Pekalongan, Dr. H. Ade Dedi Rohayana, M.Ag dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Bagian Umum beserta jajarannya yang telah menyelenggarakan Workshop Pengembangan Karier Dosen Melalui Percepatan Program Doktor. Kegiatan ini sangat penting agar dosen-dosen yang sedang studi lanjut program doktor cepat selesai. Dengan semakin banyaknya dosen yang berpendidikan Doktor dan seiring beralihnya status kelembagaan IAIN menjadi UIN Pekalongan, rencana tahun depan akan membuka Program Studi Doktor (S.3). “Ini suatu keniscayaan jika kampus kita ingin maju", tegasnya.

Di samping akselerasi program Doktor, IAIN Pekalongan juga mempunyai program percepatan Guru Besar atau Profesor. Tahun ini ada 14 (empat belas) dosen yang sedang digodog dalam program percepatan Guru Besar dengan berbagai kegiatan yang dapat mendukung akselerasi. Rektor berharap program akselerasi ini membuahkan hasil yang maksimal, tahun 2021 IAIN Pekalongan insya Allah panen Guru Besar, harapnya.

Workshop selama 2 (dua) hari ini menghadirkan narasumber pakar dengan materi penulisan karya ilmiah dan penelitian kuantitatif oleh Guru Besar Universitas Negeri Semarang (UNNES), Prof. Dr. H. Wiyanto, M.Si. Materi berikutnya tentang penulisan disertasi berbasis penelitian kualitatif yang akan diisi oleh Prof. Dr. H. Abdul Ghofur, M.Ag yang juga menjabat sebagai Direktur Pascasarjana UIN Walisongo Semarang. Secara umum kegiatan berjalan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna pencegahan penyebaran Covid-19._(Humas_Bagian Umum)

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…