IAIN Pekalongan Gelar Workshop Implementasi RB dan Pembangunan ZI

28 October 2020

IAIN Pekalongan menggelar kegiatan bertema “Workshop Implementasi Reformasi Birokrasi (RB) dan Pembangunan Zona Integritas (ZI).” Kegiatan yang dikemas dalam bentuk workshop ini berlangsung selama dua hari, yaitu pada hari Senin dan Selasa tanggal 26 - 27 Oktober 2020 dan bertempat di Hotel Dafam Pekalongan. Kegiatan workshop dimulai pada jam 08:00 WIB dan dibuka langsung oleh Rektor IAIN Pekalongan.

Dalam sambutannya, Rektor IAIN Pekalongan, Dr. H. Ade Dedi Rohayana, M.Ag. menyampaikan bahwa reformasi birokrasi merupakan suatu kewajiban dan keniscayaan bagi IAIN Pekalongan, sekalipun agenda ini ditempuh melalui proses perlahan. Dr. Ade menjelaskan bahwa muara dari reformasi birokrasi ini adalah perbaikan kualitas layanan kepada civitas akademika di IAIN Pekalongan. “Urgensi dari kegiatan workshop ini secara umum adalah untuk mengetahui dan mengevaluasi sejauh mana reformasi birokrasi di IAIN Pekalongan sudah berlangsung, dan apa yang perlu diperbaiki atau diperbarui ke depan. Oleh karena itu, implementasi reformasi birokrasi dan pembangunan zona integritas di IAIN Pekalongan memerlukan tim atau agents of change yang tangguh,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Biro AUAK, Dr. H. Syaifuddin Zuhri, M.Si. selaku Penanggung Jawab Tim Percepatan Implementasi RB dan Pembangunan ZI di IAIN Pekalongan menjelaskan bahwa pada dasarnya tim RB dan ZI sudah dibentuk sejak awal 2020, namun belum sempat memulai kerja karena munculnya wabah Covid-19. Diakuinya, sejak adanya Covid-19 pada Maret 2020, rencana implementasi reformasi birokrasi dan pembangunan zona integritas di IAIN Pekalongan mengalami perubahan yang signifikan. Dr. Syaifuddin, misalnya, pernah merencanakan untuk melakukan studi banding ke Satker (Satuan Kerja) atau instansi lain, tetapi terpaksa dibatalkan akibat wabah Covid-19. “Baru kali ini penambahan tim task force dengan komposisi tenaga muda PNS angkatan 2018 dan 2019 ini bisa dilakukan. Workshop untuk tim task force juga baru terlaksana sekarang. Itu pun dengan mendatangkan narasumber dari luar ke Pekalongan,” terangnya.

Saiful Anam, M.A. selaku Ketua Pelaksana Tim Percepatan Implementasi RB dan Pembangunan ZI di IAIN Pekalongan menambahkan bahwa sebagai bagian dari institusi pemerintah, IAIN Pekalongan merasa wajib memberikan kontribusi nyata dalam hal implementasi reformasi birokrasi guna mendukung program pemerintah dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance). Ia juga menjelaskan bahwa meskipun di IAIN Pekalongan sudah ada Tim RB dan ZI yang secara ex officio melekat pada tanggung jawab jabatan di setiap unit kerja, di tahun 2020 ini Tim RB dan ZI tersebut diperkuat dengan Tim Task Force guna mempercepat identifikasi dan inventarisasi evidence pada Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) dan Penilaian Mandiri Pembangunan Zona Integritas (PMPZI).

Di hari pertama pada tanggal 26 Oktober 2020, kegiatan workshop diisi dengan materi tentang strategi penguatan pelaksanaan reformasi birokrasi, teknik pemenuhan evidence PMPRB, strategi pembangunan zona integritas, dan teknik pemenuhan evidence PMPZI. Empat materi tersebut disampaikan oleh Kasubbag Ortala Setditjen Pendis Kemenag, yaitu Yusi Damayanti, S.E.Akt., M.M. Sementara itu, materi di hari kedua pada tanggal 27 Oktober 2020 lebih bersifat penguatan terhadap materi di hari pertama. Materi tentang strategi dan teknik penyusunan evidence PMPRB disampaikan oleh Rr. Sri Sukarni K., S.Pd., M.Pd. dan Lily Nurulia, S.S., M.Pd. dari Balai Diklat Keagamaan Semarang, sedangkan strategi dan teknik penyusunan evidence PMPZI disampaikan oleh Diyah Rochati, S.E., M.H., Kabag. Umum IAIN Salatiga.

Workshop tentang Implementasi Reformasi Birokrasi (RB) dan Pembangunan Zona Integritas (ZI) ini diharapkan akan mampu mewujudkan IAIN Pekalongan menjadi perguruan tinggi berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di tahun 2021. Secara umum, acara workshop berjalan dengan lancar dan tetap mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19._(Humas_Bagian Umum)

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…