IAIN Pekalongan Terima 1.362 Mahasiswa Baru Jalur UM-PTKIN

24 August 2020

Pekalongan (24/8) - Hasil Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam negeri (UM-PTKIN) Tahun 2020 diumumkan pada hari ini Senin, 24 Agustus 2020, pukul 14.00 WIB pada laman https://pengumuman.um-ptkin.ac.id dan https://iainpekalongan.ac.id. Peserta seleksi jalur UM-PTKIN merupakan lulusan tahun 2018, 2019 dan 2020 dari Satuan Pendidikan MA/MAK/SMA/SMK/ Pesantren Muadalah atau yang setara dan memiliki izin dari Kementerian Agama RI.

Peserta UM-PTKIN yang berasal dari lulusan tahun 2018 dan 2019 harus sudah memiliki ijazah, sedangkan lulusan tahun 2020 harus mempunyai Surat Keterangan Lulus/Ijazah dari Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah. Kelompok ujian UMPTKIN terbagi menjadi 3 (tiga) yaitu, Tes Kemampuan Dasar (Tes Potensi Akademik, Bahasa, Keislaman), Tes Kemampuan Bidang IPA dan Tes Kemampuan Bidang IPS.

UM-PTKIN tahun ini dilaksanakan melalui Sistem Seleksi Elektronik (SSE) secara daring pada tanggal 3-8 Agustus yang lalu, ini merupakan salah satu upaya PTKIN mencegah penyebaran Covid-19 dimasa pandemi ini, sehingga tes secara daring merupakan sebuah pilihan yang tepat agar tidak terjadi kerumunan masa.

Pada jalur penerimaan ini, penentuan kelulusan UM-PTKIN berdasarkan nilai SSE dan nilai raport yang diinputkan dilaman um-ptkin.ac.id pada saat pendaftaran. Sidang kelulusan UM-PTKIN telah di selenggarakan pada tanggal 21-22 Agustus 2020 di Hotel Harris Vertu Jakarta secara luring dan daring, di hadiri oleh pimpinan PTKIN se Indonesia baik Rektor maupun Wakil Rektor 1. Perlu diketahui, bahwa pendaftar UM-PTKIN yang memilih program studi di IAIN Pekalongan sejumlah 2.484 calon mahasiswa yang tersebar di 18 program studi S1, dan yang dinyatakan lulus melalui Jalur UM-PTKIN ini sejumlah 1.362 calon mahasiswa.

Bagi calon mahasiswa yang diterima di IAIN Pekalongan wajib melakukan registrasi ulang mulai tanggal  26 Agustus – 04 September  di Bank Tabungan Negara (BTN) seluruh Indonesia. Adapun tatacara dan alur registrasi ulang mahasiswa baru Jalur UM-PTKIN bisa dilihat melalui laman www.iainpekalongan.ac.id.

Menurut Wakil Rektor bidang akademik dan kelembagaan, Dr. H. Muhlisin, M.Ag, Biaya pendidikan di IAIN Pekalongan berupa Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang besarannya sudah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Agama Nomor 1195 Tahun 2019. Untuk IAIN Pekalongan sendiri, besaran tarif UKT bervariasi, mulai yang terendah sebesar 0-400.000 hingga yang tertinggi 3.300.000 per semester. Dengan UKT, mahasiswa tidak ada biaya tambahan seperti uang praktikum, uang sumbangan gedung, ataupun uang SKS.

“Untuk calon mahasiswa baru, IAIN Pekalongan juga menyediakan beragam beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dan mahasiswa yang tidak mampu, baik melalui KIP Kuliah, beasiswa Prodi Kajian ke Islaman,beasiswa prestasi akademik dan non akademik, beasiswa Bank Indonesian, beasiswa tahfidz, beasiswa basnaz, beasiswa CSR lembaga keuangan lain maupun Beasiswa Reguler lainnya”, imbuhnya.

Bagi calon mahasiswa yang belum diterima pada jalur UM-PTKIN, IAIN Pekalongan masih membuka pendaftaran melalui Jalur Mandiri yang dibuka hingga tanggal 26 Agustus 2020. Pendaftaran jalur mandiri dilakukan secara online melalui laman pmb.iainpekalongan.ac.id dengan terlebih dahulu membayar biaya pendaftaran di bank BTN seluruh Indonesia. Perlu diketahui juga, bahwa seleksi jalur mandiri tahun ini hanya berdasarkan seleksi berkas dan nilai raport/ijazah, tidak ada ujian seperti tahun lalu yang menerapkan Computer Based Test (CBT) pada seleksinya.

Oleh karena itu, pihaknya berharap kepada calon peserta untuk segera mendaftarkan diri, mengingat waktu pendaftaran yang kian sempit. “Sudah menjadi kewajiban kita bersama untuk meningkatkan akses pendidikan yang berkualitas tinggi dengan biaya terjangkau oleh masyarakat. Sehingga, kami berharap partisipasi masyarakat untuk segera mendaftarkan diri di IAIN Pekalongan”, tutupnya._(ARSYA)

 

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…