Webinar Nasional Jurusan BPI dan LKP2AI IAIN Pekalongan

06 August 2020

Pekalongan (6/8) - Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) dan Lembaga Kajian & pengembangan Pendidikan Agama Islam (LKP2AI) IAIN Pekalongan mengadakan Web Seminar (Webinar) Nasional dengan mengusung tema “Pembentukan Karakter Pada Lembaga Pendidikan Formal melalui Layanan Bimbingan Konseling Islam Virtual di Era Covid 19”. Webinar yang dilaksanakan pada Senin, 3 Agustus 2020 pukul 09.00- 12.00 ini disiarkan langsung melalui zoom dan kanal youtube.

Acara webinar BPI dan LKP2AI ialah webinar nasional ke dua yang dilaksanakan oleh Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) IAIN Pekalongan, setelah sukses adakan Webinar Nasional pertama pada  22 Juli 2020 yang lalu. Hal ini nampak dari membludaknya pendaftar yang masuk mencapai 906 orang dari seluruh penjuru Indonesia. Pelaksanaan berjalan lancar dengan antusias peserta yang luar biasa.

Adapun pemateri yang mengisi webinar nasional BPI dan LKP2AI pun tidak kalah luar biasanya, ialah  Prof. Dr. H. Dasim Budimansyah (Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung), Dr. H. Muhlisin, M. Ag. (Wakil Rektor 1 IAIN Pekalongan), Dr. H. Aep Kusnawan, M. Ag. (Ketua Asosiasi Bimbingan Konseling Islam), dan Dr. Esti Zaduqisti, M. Si. (Wakil Dekan II FUAD IAIN Pekalongan).

Pada pelaksanaanya, Webinar BPI dan LKP2AI ini dipandu langsung oleh host Nadhifatuz Zulfa, M. Pd. (Sekjur Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam IAIN Pekalongan) dan moderator Maskhur, M.Ag (Ketua Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam FUAD IAIN Pekalongan). Sedangkan keynote speaker ialah Dekan FUAD IAIN Pekalongan Dr. H. Imam Kanafi, M. Ag.

Diskusi diawali dengan pembahasan tentang Pentingnya Pendidikan Akhlak yang disampaikan oleh Dekan FUAD. Imam Kanafi menjelaskan, “ada tiga tujuan utama bimbingan karakter pada pendidikan Islam di Indonesia, yaitu mengarahkan terciptanya ketenangan, menciptakan keseimbangan hidup, dan mengantarkan pada hakikat manusia seutuhnya. Harapannya adalah akan lahir pribadi-pribadi yang sempurna, sehingga webinar Nasional BPI dan LKP2AI ini dapat membantu memberikan berbagai pengetahuan dan arahan pada tenaga-tenaga pendidik di Indonesia dalam hal pembimbingan karakter siswa”. 

Keempat pemateri menyampaikan materi dengan tema berbeda, diantaranya Prof. Dr. H. Dasim Budimansyah dengan tema “Pendidikan Karakter Menuju Indonesia Emas 2045”, Dr. H. Aep Kusnawan, M.Ag tentang “Konseling Virtual Bagi Remaja Millenial”,  Dr. Esti Zaduqisti, M.Si tentang “Konseling Virtual dalam Pengembangan Karakter di Era New Normal”, dan Dr. H. Muhlisin, M. Ag tentang “Pembentukan Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam”.

Dari seluruh penyampaian yang telah diutarakan oleh pemateri pada dasaranya memberitahukan bahwa “Pembentukan karakter pada lembaga pendidikan formal sangat penting. Hal utama yang perlu diperhatikan adalah setiap tenaga pendidik perlu memahami bagaimana karakter pribadi siswa, termasuk perkembangan karakter siswa dan teknik-teknik bimbingan sesuai dengan tahapan dalam perkembangan karakter peserta didik. Selain lembaga pendidikan hendaknya juga diimbangi dengan peran serta keluarga dalam memupuk karakter anak. Karena peran serta keluarga sangat penting mengingat bahwa keluarga adalah lingkungan pertama anak dalam mengenal istilah-istilah baru. Jadi apabila didalam keluarga gagal menempatkan pendidikan yang kuat maka akan sulit dalam menyelesaikan masalah anak. Maka hubungan harmonis antara orang tua, guru, dan konselor ini menjadi kata kunci. Karena kegagalan membentuk karakter dalam rumah akan menimbulkan kegagalan-kegalan sistemik yang lain. Hal inilah kemudian menjadi core atau inti dari pendidikan karakter dengan menerapkan nilai-nilai Islam termasuk penerapan syariah dan tentunya dilandasi oleh nilai-nilai aqidah atau keimanan meski dalam lembaga formal sekalipun perlu kerjasama dari lembaga informal dalam hal ini ialah keluarga”.

Pada sesi terakhir webinar nasional ialah tanya jawab oleh peserta. Antusiasme peserta nampak dari penyampaian pertanyaan di kolom chat zoom. Dari sekian puluh pertanyaan hanya diambil lima pertanyaan yang dirasa sudah mewakili pertanyaan peserta lain. Webinar nasional BPI dan LKP2AI diakhiri dengan kesimpulan yang disampaikan oleh moderator dan sesi foto bersama di layar virtual masing-masing peserta._(BPI FUAD)

 

 

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…