IAIN Pekalongan Luncurkan Aplikasi Si-IMAN

29 June 2020

Pekalongan (29/6) – IAIN Pekalongan meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Aparatur Negara (Si-IMAN). Si-IMAN merupakan aplikasi manajemen kepegawaian yang memuat tentang data based kepegawaian seperti profil pegawai, jabatan, pangkat dan golongan, pendidikan dan lain-lain, presensi online, pengelolaan cuti online dan data riwayat covid-19.

Menariknya, aplikasi si-IMAN ini dapat diakses oleh masing-masing pegawai dan dosen yang telah diberikan akun link aplikasi beserta username dan passwordnya. Link aplikasi tersebut yaitu https://siiman.iainpekalongan.ac.id. 

Aplikasi Si-IMAN ini dirancang agar pegawai dan dosen dalam melaksanakan tugas kedinasan di kantor (work from office) dapat menerapkan physical distancing sebagaimana dianjurkan pemerintah guna mencegah penyebaran dan penularan corona virus disease 2019 (covid-19). Diketahui bahwa dengan terbitnya Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi dan Birokrasi Nomor 58 Tahun 2020 tentang Sistem Kerja Pegawai Aparatur Sipil Negara Dalam Tatanan Normal Baru, mendorong ASN untuk melaksanakan tugas kedinasan di kantor (work from office) dengan harapan dapat meningkatkan produktivitas kerja institusi dan terpenuhinya layanan kepada pengguna dan masyarakat. Dengan demikian, agar tidak terjadi kerumunan massa pada saat melakukan perekaman kehadiran kerja di satu titik dan juga agar tidak bersentuhan dengan benda yang digunakan oleh orang banyak (mesin finger print misalnya), aplikasi Si-IMAN menjadi alternatif solusi manajemen work from office sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona. 

Kepala Bagian Umum IAIN Pekalongan, Saiful Anam, S.Ag., M.A menuturkan bahwa pandemi covid-19 ini menuntut pemerintah untuk menciptakan kreasi, inovasi dan memberikan layanan terbaik secara digital. Tidak ketinggalan, IAIN Pekalongan sebagai bagian dari institusi pemerintah juga turut serta mewujudkan layanan secara online dengan memanfaatkan teknologi informasi sehingga penyelenggaraan pendidikan tinggi di IAIN Pekalongan tetap dapat berjalan efektif, tuturnya.

Lebih lanjut, Kepala Bagian Umum menjelaskan bahwa aplikasi Si-IMAN yang telah diluncurkan ini, efektif penggunaanya terhitung mulai 1 Juli 2020 sesuai Surat Edaran Rektor IAIN Pekalongan Nomor: 1869/In.30/B.I.1/Kp.01.1/6/2020 tentang Sistem Kehadiran Pegawai dan Pengelolaan Cuti Secara Online di Lingkungan Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.  Seluruh pegawai dan dosen wajib melakukan presensi secara online melalui aplikasi Si-IMAN sebagai bukti kehadiran kerjanya. Jika pegawai dan dosen tidak dapat menjalankan tugas kedinasannya karena suatu hal atau alasan tertentu wajib mengajukan cuti secara online. Demikian juga dengan pegawai dan dosen yang akan melakukan dinas luar wajib mengisi data perjalanan dinasnya. Hal ini untuk mengidentifikasi riwayat perjalanan pegawai dan memetakan zona kerawanan penyebaran virus corona dari daerah yang dituju untuk dilakukan tindakan penanganannya, tambahnya. 

Rektor IAIN Pekalongan, Dr. H. Ade Dedi Rohayana, M.Ag menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi inovasi yang dilakukan Bagian Umum dengan menghadirkan aplikasi modern berbasis internet. Aplikasi Si-IMAN ini tentu sangat membantu bagi pegawai untuk tetap jaga jarak (physical distancing) dan juga memudahkan pegawai dalam perekaman kehadiran kerja dan cuti karena dilakukan secara online. Dalam manajemen institusi, aplikasi Si-IMAN ini tentu sangat mendukung terwujudnya tata kelola perguruan tinggi yang baik (good university governance) dan juga sebagai dukungan penerapan sistem kerja dalam tatanan normal baru (new normal) di masa pandemi covid-19, imbuhnya. 

Si-IMAN merupakan sistem informasi aplikasi yang dibangun sebagai alat untuk mengelola data-data pegawai di lingkungan IAIN Pekalongan, baik PNS maupun non-PNS. Saat ini, aplikasi Si-IMAN telah dilengkapi dengan beberapa fitur untuk memudahkan proses pelayanan kepegawaian secara online dan berbasis paperless. Adapun layanan kepegawaian yang dapat diakses dari aplikasi ini diantaranya informasi data pegawai, presensi online dan pengajuan cuti online. Terbaru, aplikasi Si-IMAN dilengkapi dengan fitur data riwayat covid-19 untuk mendukung pemerintah dalam pengendalian penyebaran covid-19 di Indonesia. Selain itu, aplikasi ini juga terintegrasi dengan aplikasi SIMPEG Kementerian Agama sehingga diharapkan dapat mempercepat proses pencatatan dan pengolahan data serta mampu menyajikan informasi kepegawaian yang akurat._(Humas_Bagian Umum)

 

SE Tentang Sistem Kehadiran Pegawai & Cuti di IAIN Pekalongan

 

 

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…